Tata Urutan Acara 7 Bulanan Adat Batak/Mambosuri

Mambosuri atau acara 7 bulanan dalam adat batak adalah acara syukuran 7 bulanan usia kandungan yang dihadiri oleh keluarga dari pihak paranak dan parboru. Acara ini biasanya dilakukan pada hari Minggu. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan di hari biasa. Hari apa saja bisa dibuat yang penting atas kesepakatan bersama.

Tidak ada kewajiban orang batak harus membuat acara seperti ini. Karena memang acara mambosuri/7 bulanan ini tidak harus wajib dilakukan. Bisa dibuat, bisa juga tidak. Tergantung selera.

Jika keluarga anda ingin membuat acara syukuran 7 bulanan ini maka perlu diketahui bagaimana urutan atau susunan acara mambosuri yang umum dilakukan.

Susunan dan tata urutan acara 7 bulanan adat batak/mambosuri
  1. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dibuat ibadah singkat bernyanyi dari buku ende dan berdoa sesuai gereja yang dianut, misalnya HKBP.
  2. Memberikan dekke (ikan mas arsik) dari pihak perempuan (parboru) dengan cara menyuapi calon ibu (yang sedang mengandung) sebanyak 3 kali dan minum sebanyak yang 3 kali.
  3. Pemberian ulos mula gabe dan beras sipir ni tondi yang diberikan oleh orang tua dari calon ibu (yang sedang mengandung)
  4. Pemberian nar ma goar oleh keluarga laki-laki (suami) kepada keluarga perempuan (istri). Pemberiannya berupa anak babi saksang beserta kepala dan bagian dalamnya
  5. Dilanjutkan dengan makan siang bersama seluruh keluarga.
  6. Setelah selesai makan siang, barulah sesi mandok hata dari masing masing pihak keluarga. Tema mandok hata ini adalah berupa kata-kata ucapan puji syukur kepada Tuhan dan nasihat nasihat dari pihak keluarga untuk sang calon ibu. 
  7. Pemberian uang dari calon ibu & bapak kepada keluarga perempuan atau biasa disebut parsituak na tonggi sebagai wujud terima kasih

Itulah susunan acara 7 bulanan adat batak secara umum. Namun, susunan acara tersebut bisa disesuaikan sesuai dengan kesepakatan dari masing-masing pihak keluarga.

Artikel Terbaru