Contoh Mandok Hata, Kata-Kata dan Doa Untuk Orang Sakit Bahasa Batak dan Indonesia

Orang yang sedang sakit perlu diberi semangat dari orang-orang sekitar misalnya dari orang tua sendiri, anak, abang, adik, pacar, teman dan rekan kerja.

Dorongan untuk semangat dalam proses pengobatan atau pemulihan bisa berupa mandok hata (memberi ucapan), kata-kata untuk semangat dan juga doa minta kesembuhan.

Berikut ini saya tuliskan contoh mandok hata, kata-kata dan doa untuk orang sakit dalam bahasa batak dan bahasa Indonesia.

Contoh mandok hata untuk orang sakit dalam bahasa Batak
Jadi bere, sehat ma ho bere. Anggiat hatop malum sahit mi. Podakku tu ho bere, molo nunga malum sahitmi ikkon jagaonmu do pola hidup sehat. 

Unang sai tarlambat ho mangan da bere. Ikkon tepat waktu do mangan 3 hali sadari. Botoonmu do bere, molo sahit lambung on borat do. Godang do jolma mate dibahen sahit lambung.

Gomos ma hita martangiang tu Tuhan, asa malum sahitmu da bere. Unang mandele ho bere. Ikkon semangat do da bere. Pos ma roham bere, malum do i.


Contoh ucapan untuk orang sakit dalam bahasa Indonesia
Untuk Sari, disini saya bersama Nattulangmu datang menjenguk Sari yang saat ini sedang sakit. Sehatlah Sari ya. Semoga cepat sembuh dari sakit lambung. Kalau sudah sembuh harus pandai menjaga pola hidup sehat.

Jangan lagi nanti sering telat makan ya Sari. Makan harus tepat waktu 3 kali dalam sehari. Kamu tahu Sari, sakit lambung ini adalah salah satu penyakit berat dan menakutkan. Banyak orang meninggal gara-gara sakit lambung.

Berdoalah kita sama Tuhan, kiranya cepat sembuh ya Sari. Jangan putus asa. Harus semangat ya Sari. Percayalah sakitmu pasti sembuh.

Contoh Kata-kata untuk orang sakit dalam bahasa Batak
  • Sai malum ma sahit mi Tulang
  • Hatop malum da Bapa
  • Semangat da Wati
  • Unang mandele ho Uda, malum do i
  • Martangiang ho Anggi, malum do i
  • Godang minum air putih da, asa malum
  • Unang lupa ho laho manginum ubatmi da, asa hatop malum

Contoh Kata-kata untuk orang sakit dalam bahasa Indonesia
  • Semoga sembuh ya Tulang
  • Cepat sembuh ya Bapak
  • Semangat ya wati
  • Jangan putus asa Uda, pasti sembuh kok
  • Berdoa ya Anggi, sembuhnya itu
  • Banyak minum air putih ya, biar sembuh
  • Jangan lupa minum obat ya, biar cepat sembuh

Contoh doa kristen untuk orang sakit dalam bahasa Batak
Ale Tuhan, dison peak nuaeng berenami di Rumah Sakit. Nasida marsahit lambung. Asi roham di hami, tarlumobi ma di bere na mion. Gale daging nasida, disiala haccit ni sahit na songgop tu pamatangna.

Mangido hami tu adopanMu, pa malum ma sahit ni berenamion. Dangadong naso tarpatupa ho ale Tuhan. Molo olo ho Tuhan boi do malum bahenonMu bere namion. Porsea do hami naikkon malum ma sahit ni berenamion.

Pasu-pasu obat nadi inum nasida. Pasu-pasu perawat dohot dokter na merawat berenamion. Lehon ganub ni naringkot tu nasida dohot tu natorasna asa humatop malum berenamion sian sahitna.

Di bagasan goar ni Jesus Kristus hami martangiang. Amen.


Contoh doa kristen untuk orang sakit dalam bahasa Indonesia
Tuhan, saat ini abang kami terbaring lemas di Rumah Sakit. Dia sakit asam lambung. Kasihanilah kami, terlebih buat abang kami ini. Lemas tak berdaya dan meringis kesakitan dia atas penyakit yang ia alami.

Kami memohon kepadaMu, sembuhkanlah sakit-penyakit dari Abang kami ini. Tidak ada perkara yang mustahil bagiMu. Jika Tuhan berkehendak hari ini juga Abang kami bisa sembuh. Kami percaya Abang kami ini akan sembuh dari sakit yang ia alami.

Berkati obat yang dia minum. Berkati juga perawat dan dokter yang menangani Abang kami ini. Cukupkanlah segala kebutuhan dan keperluan pengobatan Abang kami.

Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Itulah contoh mandok hata, kata-kata dan doa untuk orang sakit dalam bahasa batak dan bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.