Contoh Doa Makan Bahasa Batak dan Bahasa Indonesia

Orang kristen, khususnya orang batak biasanya berdoa sebelum menyantap makanan yang telah dihidangkan. Apalagi jika yang makan itu adalah berkelompok atau lebih dari 1 orang. Sebelum makan, biasanya dipimpin oleh seorang pembawa doa.

Suatu ketika mau makan bersama dengan keluarga atau teman, ketika kita ditunjuk untuk membawakan doa namun, di kala kita tidak mampu untuk memimpin doa lantaran tidak tau berdoa maka kita terpaksa mengatakan janganlah dulu aku, anu lah yang membawakan doa.

Percaya tidak percaya ketidakmampuan kita membawakan doa akan menyiksa diri dan mempermalukan diri sendiri.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang belajar menyusun doa makan agar bisa tampil percaya diri memimpin doa makan berikut kami uraikan contoh doa makan agama kristen yang kami buat dalam 2 bahasa, yaitu bahasa batak dan bahasa Indonesia.

Contoh doa makan dalam Bahasa Batak

Puji dohot hamauliateon ma hupasahat rohanami tu adopanMu ale Jahowa Debata nami na marhabangsa di banua ginjang. Tongon Tuhan disiala pasu-pasu dohot asi niroham na tongtong mandongani hami di na mandalani ari-ari nami sahat ro di bagasan tingkion tongon dope dilehon ho dihami hahipason, boi hami rap marpungu hami na marsihaholongan.

Mauliate ma Tuhan hupasahat rohanami, disiala diparade ho dihami sipanganon di jolonami. Huhaporseai hami na sian ho do marharoroan sipanganon on. Umbahen ni ale Tuhan, andorang so hupangan hami sipanganon on, jumolo pasu-pasu ma bahen tau sibuk dohot si pargogo tu daging nami. Asa tongon hami Tuhan dibagasan hahipason ni pamatang ni daging nami nang tondi nami.

Ale Tuhan, jolma pardosa do hami. Jumolo sesa dosa nami, asa unang gabe tarambat pasu-pasu na naing sipasahatonmu di hami.

Dibagasan goar ni debata nami, Tuhan Jesus Kristus hami martangiang. Amen

Itulah contoh doa makan dalam Bahasa Batak.

Berikutnya adalah contoh doa makan dalam Bahasa Indonesia.

Bapa kami, Tuhan Yesus Kristus Allah yang hidup kami memuji dan mengucap syukur kehadiratMu atas berkat dan kasih setiamu yang melimpah atas kami. Bapa yang senantiasa memberkati kami disetiap aktivitas kami, yang menyertai hidup kami sepanjang hari, hingga pada saat ini kami boleh merasakan kasihMu kami boleh berkumpul bersama dengan orang-orang yang kami kasihi.

Tuhan, kami berterima kasih kepadaMu atas makanan yang engkau berikan pada kami hari ini. Kami percaya bahwa makanan yang ada didepan kami saat ini adalah hanya bersumber dari padaMu. Tuhan, saat ini kami hendak makan, berkatilah makanan kami ini agar menjadi berkat bagi tubuh kami. Kiranya apa yang akan kami makan ini bisa menjadi sumber kekuatan dan kesehatan bagi tubuh kami.

Tuhan, kami adalah orang-orang berdosa. Ampunilah dosa kami agar tidak menjadi penghambat berkat yang akan Engkau berikan pada kami.

Didalam nama anakmu Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Itulah contoh doa makan bahasa Indonesia.

Demikianlah uraian contoh doa makan kristen dalam bahasa batak dan bahasa Indonesia. Secara umum, inti doa makan adalah mengucap syukur atas makanan yang diberikan Tuhan pada kita. Namun, dalam contoh doa tersebut Anda dapat menambahkan lagi kata-kata lain misalnya meminta permohonan yang lain sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada pada saat Anda berdoa. Misalnya mendoakan keluarga yang sakit agar disembuhkan.