Doa Siswa di Sekolah Sebelum Masuk Kelas


Sekolah biasanya melakukan apel pagi dengan baris di lapangan sekolah sebelum masuk ke kelas. Biasanya setiap pagi sekolah rutin melakukan apel pagi / baris di lapangan untuk sekedar menerima pengarahan atau pidato singkat dari guru-guru maupun dari kepala sekolah. Tujuan baris di lapangan sekolah pada pagi hari sebelum memasuki kelas agar mewujudkan siswa yang disiplin sekaligus menerima berbagai pengarahan penting dari sekolah.

Setelah guru atau kepala sekolah selesai memberikan pengarahan/pidatonya dan sebelum barisan dibubarkan untuk masuk ke kelas masing-masing, biasanya berdoa bersama dulu. Biasanya ada satu orang yang ditugaskan untuk maju kedepan untuk memimpin doa.

Di sekolah-sekolah di Indonesia baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Baik agama Kristen, Katolik, Islam, Budha, Hindu dan Konghucu biasanya melaksanakan berdoa bersama sebelum memasuki kelas.

Tujuannya adalah agar Tuhan yang maha esa selalu menyertai jalannya proses belajar sepanjang hari itu.

Bagi kamu yang belum tahu isi doa hendak masuk ke kelas anda dapat berdoa seperti isi doa berikut ini. Anda dapat mengubah, menambah atau menyesuaikan isi doa berikut. Inilah isi doa sebelum masuk kelas secara agama kristen protestan.

Tuhan Yesus anak Allah yang bertahta di kerajaan sorga. Puji dan syukur kami ucapkan kepadaMu ya Tuhan atas berkat dan kasih setiaMu yang selalu menyertai kami hingga pada pagi hari ini, kami masih boleh berkumpul hari ini di sekolah kami.

Tuhan, sebentar lagi kami akan masuk ke kelas untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Berikanlah kepada kami hikmat dan didikan, agar apa yang diajarkan guru-guru kami pada hari ini dapat kami terima dengan baik.

Tuhan, berkatilah guru-guru kami, kepada sekolah dan staf pegawai di sekolah kami, agar mereka dapat mengajari kami dengan baik.

Tuhan, berkatilah kedua orang tua kami dimanapun mereka berada, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan kami.

Tuhan, ampunilah dosa-dosa kami agar tidak menjadi penghalang berkat yang engkau berikan kepada kami.

Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin

Demikianlah contoh isi doa siswa di sekolah di barisan pada saat apel pagi sebelum memasuki ruangan kelas. Dengan berdoa, kita memohon kepada Tuhan agar proses belajar pada hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.