Contoh Mandok Hata Memasuki Rumah Baru Bahasa Batak & Indonesia

Mandok hata di acara mamasuhi jabu, manuruk jabu, mangompoi jabu atau dalam bahasa indonesia sering di sebut memasuki rumah baru adalah memberikan ucapan selamat atas rumah baru yang telah selesai dibangun atau baru di beli dan sekaligus memberikan doa restu agar senantiasa orang yang akan menempati rumah baru tersebut bisa mendiami rumah itu dalam keadaan sehat dan nyaman untuk ditinggal.

Berikut ini adalah contoh mandok hata di ulaon acara mamasuhi jabu dalam bahasa Batak

Di hamu Lae, Ito ni iba dohot di bere nami dison Mauliate ma tapasaha tu Tuhanta Debata, di siala asi dohot holong ni rohana nunga di basa-basahon di hamu bagas na uli na bagak jala denggan berengon.

Sai anggiat ma dilehon Tuhanta di hamu hahipason laho mangingani bagas na pinauli nai. Sai dao ma mara sian bagas muna on. Asa sai anggiat denggan jongjong sahat tu pomparan gabe jabu parsattian. Sai anggiat ma bagas nauli nadenggan on gabe siboan tua dohot siboan dame di hamu dohot saluhut hombar jabu.

Horas ma hamu nalao mangingani bagas nauli nadenggan on. Debatama na mangaramoti hamu nang hami ro di hita saluhutna. Butima


Berikut ini adalah contoh mandok hata/ucapan selamat memasuki rumah baru dalam bahasa Indonesia

Untuk lae dan itoku juga untuk bereku disini, puji dan syukur kita ucapkan
kepada Tuhan Yesus, karena kasih dan berkatnya Tuhan telah memberikan kepada
kalian rumah baru yang cantik dan bagus.

Semoga Tuhan memberikan kesehatan bagi kalian untuk mendiami rumah baru ini.

Kiranya Tuhan menjauhkan bencana dari rumah ini, agar senantiasa kokoh dan kuat selalu hingga ke keturunan anak cucu. Semoga rumah baru ini bisa membawa berkat bagi kalian, keluarga dan tetangga sekitar.

Selamat memasuki rumah baru buat. Tuhan yesus memberkati kita. Amin


Itulah contoh mandok hata/ucapan selamat memasuki rumah baru bahasa batak dan bahasa indonesia.