PT Waskita Karya tbk. mencatat kerugian 7,38 triliun pada Desenber 2020. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa alasan diantaranya akibat pandemi COVID-19 yang mana perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk implementasi protokol kesehatan, disamping itu terjadi penurunan produktivitas operasional proyek pada tahun tersebut

PT Waskita Karya tbk. mencatat kerugian 7,38 triliun pada Desenber 2020. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa alasan diantaranya akibat pandemi COVID-19 yang mana perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk implementasi protokol kesehatan, disamping itu terjadi penurunan produktivitas operasional proyek pada tahun tersebut. Baca detail informasi melalui https://money.kompas.com/read/2021/04/10/091839226/terlilit- utang-besar-setahun-bumn-waskita-bayar-bunga-rp-474-triliun?page=all

Pertanyaan:

1. Jika anda sebagai pemimpin pada perusahaan tersebut, pendekatan apa yang digunakan dalam mengomunikasikan hal tersebut. Jelaskan disertai alasan yang logis.

Jawaban:

Sebagai pemimpin di Waskita Karya, saya menyadari bahwa situasi keuangan perusahaan saat ini sedang diwarnai dengan utang besar. Dalam situasi yang menantang ini, membangun kepercayaan dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) menjadi kunci utama. Oleh karena itu, saya akan mengadopsi pendekatan komunikasi yang terbuka, transparan, dan proaktif untuk menyampaikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan.

Keterbukaan dan transparansi merupakan landasan utama dalam membangun kepercayaan. Dengan bersikap terbuka tentang kondisi keuangan perusahaan, saya ingin menunjukkan komitmen perusahaan untuk menyelesaikan masalah ini secara bertanggung jawab. Hal ini juga membantu mencegah spekulasi dan rumor yang tidak berdasar, yang dapat memperburuk keadaan. Memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada stakeholders akan membantu mereka dalam memahami situasi dan membuat keputusan yang tepat terkait dengan perusahaan.

Kegigihan dalam komunikasi proaktif juga menjadi bagian penting dari strategi ini. Saya tidak akan menunggu pertanyaan datang kepada saya, melainkan akan secara aktif menyampaikan informasi terbaru tentang kondisi keuangan perusahaan kepada stakeholders secara berkala. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kendali atas situasinya dan sedang mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasinya. Komunikasi proaktif juga membantu membangun rasa percaya dan keyakinan di antara stakeholders bahwa perusahaan akan mampu melewati masa sulit ini.

Untuk mencapai tujuan tersebut, berbagai cara komunikasi akan dimaksimalkan, seperti:
  • Mengadakan konferensi pers untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas sekaligus.
  • Menerbitkan laporan keuangan yang jelas dan ringkas tentang kondisi keuangan perusahaan kepada stakeholders.
  • Berkomunikasi dengan investor untuk membahas kondisi keuangan perusahaan dan rencana menyelesaikan masalah utang.
  • Berkomunikasi dengan karyawan untuk menjelaskan situasi keuangan perusahaan dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi mereka.
  • Membuat situs web khusus yang dibuat untuk memberikan informasi lengkap tentang kondisi keuangan perusahaan dan rencana menyelesaikan masalah utang.

Bahasa yang mudah dimengerti juga menjadi perhatian utama. Saya akan menghindari penggunaan jargon keuangan yang rumit dan menjelaskan semua informasi dengan cara yang sederhana dan jelas.

Dengan mengadopsi pendekatan komunikasi yang terbuka, transparan, dan proaktif, saya yakin dapat membangun kepercayaan dan keyakinan di antara stakeholders bahwa Waskita Karya memiliki komitmen dan strategi yang kuat untuk melewati masa krisis ini dan keluar sebagai perusahaan yang lebih kuat.

2. Bagaimana cara untuk menginformasikan kepada pemilik entitas Induk perusahaan agar para pemilik tidak merasa khawatir akan hal tersebut. Berikan contoh.

Jawaban:

Dalam situasi keuangan yang menantang seperti yang dihadapi Waskita Karya saat ini, membangun komunikasi yang terbuka dan transparan dengan para pemilik entitas induk merupakan langkah krusial. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan dan mendapatkan dukungan mereka dalam menyelesaikan masalah utang yang besar. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan:

1. Pertemuan Tatap Muka
  • Mengadakan pertemuan khusus dengan para pemilik entitas induk untuk membahas kondisi keuangan perusahaan secara detail.
  • Menyiapkan presentasi yang jelas dan ringkas, dilengkapi dengan visualisasi data yang mudah dipahami.
  • Menjelaskan secara terbuka penyebab utang yang besar, seperti lonjakan proyek jalan tol dan dampak pandemi Covid-19.
  • Menyampaikan rencana strategis perusahaan untuk mengatasi masalah utang, termasuk langkah-langkah penghematan, restrukturisasi utang, dan peningkatan pendapatan.
  • Memberikan kesempatan kepada para pemilik entitas induk untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan yang lengkap.

2. Laporan Keuangan dan Analisis
  • Menyiapkan laporan keuangan terbaru yang terperinci, meliputi neraca, laba rugi, dan arus kas.
  • Melengkapi laporan dengan analisis mendalam tentang kondisi keuangan perusahaan, termasuk tren utang, struktur biaya, dan proyeksi masa depan.
  • Menjelaskan secara detail bagaimana perusahaan berencana untuk meningkatkan profitabilitas dan mengurangi beban utang.
  • Memastikan laporan keuangan dan analisis mudah diakses oleh para pemilik entitas induk.

3. Komunikasi Berkala
  • Melakukan komunikasi berkala dengan para pemilik entitas induk, baik melalui email, telepon, atau konferensi video.
  • Memberikan update terbaru tentang perkembangan keuangan perusahaan, termasuk kemajuan dalam upaya penyelesaian utang.
  • Mengadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan dan concerns dari para pemilik entitas induk.
  • Menunjukkan komitmen perusahaan untuk menyelesaikan masalah utang dengan transparansi dan akuntabilitas.

Contoh Implementasi

Judul: Pertemuan Spesial: Membahas Kondisi Keuangan PT Waskita Karya

Waktu: [Tanggal] jam [Waktu]
Lokasi: [Tempat]

Agenda:
  • Presentasi kondisi keuangan PT Waskita Karya
  • Penjelasan penyebab utang yang besar
  • Rencana strategis untuk mengatasi masalah utang
  • Sesi tanya jawab

Materi:
  • Laporan keuangan terbaru
  • Analisis kondisi keuangan
  • Presentasi rencana strategis

Kontak:
[Nama] - [Jabatan] - [Email] - [Nomor Telepon]

Dengan menerapkan strategi komunikasi yang terbuka, transparan, dan proaktif, Waskita Karya dapat membangun kepercayaan dengan para pemilik entitas induk dan mendapatkan dukungan mereka dalam menyelesaikan masalah utang yang dihadapi. Hal ini akan membantu perusahaan untuk kembali ke jalur yang stabil dan mencapai tujuan jangka panjangnya.