Pengertian A posteriori dan Contohnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti 'a posteriori' adalah tentang simpulan yang diambil dari pengalaman dari akibat ke sebab, dari peristiwa (keadaan) yang khusus ke peristiwa (keadaan) yang umum; induktif.

Berikut contoh kalimat a posteriori:

"Matahari terbit di timur setiap hari berdasarkan pengamatan selama berabad-abad." (Penalaran induktif: Dari banyak pengamatan matahari terbit di timur, disimpulkan bahwa matahari selalu terbit di timur.)

"Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra berdasarkan bukti arkeologi dan prasasti." (Penalaran induktif: Dari artefak dan prasasti yang ditemukan di Candi Borobudur, disimpulkan bahwa candi tersebut dibangun pada masa Dinasti Syailendra.)

"Es krim meleleh di bawah sinar matahari karena pengalamanku sejak kecil." (Penalaran induktif: Dari pengamatan berulang kali bahwa es krim meleleh di bawah sinar matahari, disimpulkan bahwa es krim selalu meleleh di bawah sinar matahari.)

"Terdakwa terbukti bersalah melakukan pencurian berdasarkan sidik jari yang ditemukan di TKP." (Penalaran induktif: Dari bukti sidik jari yang cocok dengan terdakwa, disimpulkan bahwa terdakwa adalah pelaku pencurian.)

"Kata 'tikus' dalam bahasa Indonesia berarti hewan pengerat kecil berdasarkan pengetahuanku selama ini." (Penalaran induktif: Dari pemahaman dan penggunaan kata "tikus" dalam konteks tertentu, disimpulkan bahwa kata tersebut berarti hewan pengerat kecil.)

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian a posteriori adalah pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman dan observasi.

Pengetahuan a posteriori berkembang melalui proses induktif, di mana kita menarik kesimpulan umum berdasarkan pengamatan terhadap peristiwa atau situasi tertentu. Semakin banyak bukti yang dikumpulkan, semakin kuat dan andal kesimpulan yang dapat ditarik.

Contohnya, pernyataan "Matahari terbit di timur setiap hari" merupakan pengetahuan a posteriori. Kita sampai pada kesimpulan ini berdasarkan pengamatan selama berabad-abad. Meskipun mungkin ada pengecualian di masa depan, pernyataan ini sangat mungkin benar berdasarkan pengalaman yang kita miliki.

Komentar