Peta Infografis Pemikiran Moh. Yamin tentang Rumusan Pancasila dan Rancangan Pembukaan Hukum Dasar

Berikut adalah jawaban dan petunjuk untuk mengerjakan tugas PPKn kelas X halaman 24:

Setelah mencatat informasi penting, peserta didik diminta untuk membuat sebuah peta infografis pemikiran salah satu pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan rancangan pembukaan hukum dasar. Peserta didik dapat menggambar secara manual atau menggunakan aplikasi seperti photoshop, corel draw, atau canva.

Berikut jawabannya beserta petunjuknya:

Peta Infografis Pemikiran Moh. Yamin tentang Rumusan Pancasila dan Rancangan Pembukaan Hukum Dasar

Latar Belakang

Moh. Yamin lahir di Talawi, Sumatera Barat, pada tanggal 24 Agustus 1903. Ia merupakan salah satu tokoh pergerakan nasional Indonesia yang berperan penting dalam proses perumusan Pancasila.

Isi Pemikiran

Dalam pidatonya pada tanggal 29 Mei 1945 di sidang BPUPKI, Moh. Yamin mengemukakan gagasan tentang lima dasar negara Indonesia, yaitu:
  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kebangsaan Indonesia
  3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
  4. Permusyawaratan/perwakilan
  5. Kesejahteraan sosial

Gagasan Moh. Yamin ini kemudian menjadi salah satu dasar bagi perumusan Pancasila.

Perkembangan Pemikiran

Gagasan Moh. Yamin tentang lima dasar negara Indonesia kemudian diperdebatkan dan dibahas oleh para pendiri bangsa dalam sidang BPUPKI dan PPKI. Hasilnya, rumusan Pancasila mengalami beberapa perubahan, yaitu:
  • Kalimat "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya" diubah menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa"
  • Kalimat "Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab" diubah menjadi "Kemanusiaan yang adil dan beradab"
  • Kalimat "Permusyawaratan/perwakilan" diubah menjadi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan"

Kesimpulan

Pemikiran Moh. Yamin tentang Pancasila merupakan salah satu kontribusi penting bagi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merupakan sumber nilai dan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita nasional.

Gambar dan Ilustrasi

Warna

Ringkasan dan Mudah Dipahami

Peta infografis ini menggunakan gambar dan ilustrasi untuk mempermudah pemahaman. Gambar dan ilustrasi yang digunakan adalah gambar Moh. Yamin, gambar Pancasila, dan gambar sidang BPUPKI dan PPKI.

Peta infografis ini juga menggunakan warna yang menarik dan kontras. Warna yang digunakan adalah merah, putih, dan biru.

Peta infografis ini disajikan secara ringkas dan mudah dipahami. Informasi yang disajikan adalah informasi yang penting dan relevan dengan topik.