JAWABAN: Ada berapa jenis gotong royong? Sebutkan dan jelaskan!

Gotong royong merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu. Gotong royong adalah kegiatan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama. Gotong royong dapat dilakukan oleh masyarakat, sekolah, atau kelompok tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan gotong royong yang sering dilakukan di Indonesia:

1. Kerja bakti membersihkan lingkungan
Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan salah satu kegiatan gotong royong yang paling umum dilakukan di Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk membersihkan jalan, selokan, atau tempat umum lainnya.

2. Kerja bakti membangun fasilitas umum
Kegiatan kerja bakti membangun fasilitas umum juga merupakan kegiatan gotong royong yang sering dilakukan di Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk membangun jalan, jembatan, atau fasilitas umum lainnya.

3. Kerja bakti membantu korban bencana alam
Kegiatan kerja bakti membantu korban bencana alam merupakan kegiatan gotong royong yang dilakukan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk membersihkan puing-puing, memberikan bantuan makanan dan obat-obatan, atau membangun kembali rumah yang rusak.

4. Kerja bakti membantu tetangga
Kegiatan kerja bakti membantu tetangga merupakan kegiatan gotong royong yang dilakukan untuk membantu tetangga yang membutuhkan. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk membantu tetangga yang sedang membangun rumah, membantu tetangga yang sedang sakit, atau membantu tetangga yang sedang kesulitan.

5. Kerja bakti membantu acara hajatan
Kegiatan kerja bakti membantu acara hajatan merupakan kegiatan gotong royong yang dilakukan untuk membantu tetangga yang sedang mengadakan acara hajatan, seperti pernikahan, sunatan, atau syukuran. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk membantu menyiapkan makanan, membersihkan tempat, atau menghias tempat.

Gotong royong memiliki banyak manfaat, antara lain:
  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian sosial antar anggota masyarakat.
  • Mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang.
  • Mempererat hubungan antar masyarakat yang terlibat.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungannya.

Gotong royong merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Gotong royong dapat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Jadi, jawaban soal: Ada berapa jenis gotong royong? Sebutkan dan jelaskan! adalah sebagai berikut:

Ada dua jenis gotong royong, yakni:

1. Gotong royong tolong-menolong, yaitu kegiatan gotong royong yang dilakukan secara spontan dan tanpa ikatan formal. Gotong royong ini biasanya dilakukan untuk membantu orang lain yang membutuhkan, seperti membantu tetangga yang sedang membangun rumah, membantu korban bencana alam, atau membantu orang lain yang sedang kesulitan.

2. Gotong royong kerja bakti, yaitu kegiatan gotong royong yang dilakukan secara terencana dan teratur. Gotong royong ini biasanya dilakukan untuk membersihkan lingkungan, membangun fasilitas umum, atau melakukan kegiatan sosial lainnya.