Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 5 tentang Bagian Tubuh Tumbuhan

Berikut adalah soal mari refleksikan IPAS kelas 4 SD halaman 5 tentang Bagian Tubuh Tumbuhan beserta kunci jawabannya.

1. Apa saja bagian tubuh tumbuhan?

Jawaban: Bagian tubuh tumbuhan, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah. Akar berada di bawah tanah dan berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah. Batang adalah bagian yang menopang tumbuhan dan membawanya tegak. Daun berperan dalam proses fotosintesis untuk membuat makanan menggunakan sinar matahari. Bunga adalah bagian yang cantik dan berfungsi untuk menarik serangga penyerbuk. Buah adalah hasil dari bunga dan berisi biji, yang membantu dalam proses perbanyakan tumbuhan.

2. Bagian mana dari tumbuhan yang berperan untuk bertahan hidup dan melindungi diri?

Jawaban: Untuk bertahan hidup dan melindungi diri, tumbuhan menggunakan akar, batang, dan daun. Akar menyerap air dan nutrisi dari tanah, sehingga tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Batang memberikan dukungan dan kekuatan agar tumbuhan bisa berdiri tegak dan tidak roboh. Daun berperan dalam fotosintesis, di mana tumbuhan membuat makanannya sendiri menggunakan sinar matahari. 

3. Bagian mana dari tumbuhan yang berperan untuk tumbuh?

Jawaban: Bagian tumbuhan yang berperan untuk tumbuh adalah akar, batang, dan daun. Akar membantu menyerap air dan nutrisi dari tanah yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dengan baik. Batang akan tumbuh dan memanjang, memungkinkan tumbuhan untuk mencapai cahaya matahari yang lebih banyak. Daun juga akan tumbuh dan berkembang, sehingga tumbuhan bisa melakukan fotosintesis dengan lebih efisien dan membuat makanan sendiri.

4. Bagian mana dari tumbuhan yang berperan untuk berkembang biak?

Jawaban: Bagian tumbuhan yang berperan untuk berkembang biak adalah bunga dan biji. Bunga adalah organ reproduksi pada tumbuhan yang berisi benang sari dan putik. Ketika serangga penyerbuk seperti lebah atau kupu-kupu mengunjungi bunga untuk mencari nektar, mereka membawa serbuk sari dari bunga lain dan tanaman jantan ke putik bunga. Proses ini disebut penyerbukan. Setelah itu, bunga akan menghasilkan biji, yang berisi calon-calon tumbuhan baru. Biji-biji ini bisa tertiup angin, diangkut air, atau dimakan oleh hewan, dan ketika jatuh di tanah yang cocok, mereka akan tumbuh menjadi tumbuhan baru, sehingga siklus hidup tumbuhan berlanjut.

JAWABAN SINGKAT:

1. Bagian tubuh tumbuhan, yaitu: Akar, batang, daun, bunga, dan buah.

2. Bagian dari tumbuhan yang berperan untuk bertahan hidup 
dan melindungi diri adalah Akar, batang, daun, dan bentuk perlindungan seperti duri atau bulu.

3. Bagian dari tumbuhan yang berperan untuk tumbuh adalah Akar, batang, dan daun.

4. Bagian dari tumbuhan yang berperan untuk berkembang biak adalah Bunga dan biji.

Komentar