Berdasarkan yang Sudah Kalian Pelajari di Aktivitas Sebelumnya, Menurut Kalian Apa Perbedaan Antara Volume dengan Massa?

Berdasarkan yang sudah kalian pelajari di aktivitas sebelumnya, menurut kalian apa perbedaan antara volume dengan massa?

Jawaban:

Perbedaan antara volume dengan massa yaitu Volume mengukur ruang yang ditempati oleh suatu benda, sedangkan massa mengukur banyaknya materi yang ada di dalam benda.

Penjelasannya:

Perbedaan antara volume dan massa adalah sebagai berikut:

Volume mengacu pada ruang yang ditempati oleh suatu benda atau zat. Singkatnya, volume mengukur seberapa besar benda itu, atau berapa banyak ruang yang ditempatinya.

Misalnya, jika kita memasukkan air ke dalam sebuah gelas, volume adalah jumlah ruang yang diisi oleh air di dalam gelas tersebut.

Satuan yang biasa digunakan untuk mengukur volume adalah liter (L) dan mililiter (mL).

Sedangkan, massa mengacu pada jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda. Massa mengukur banyaknya zat yang ada di dalam benda tersebut.

Misalnya, jika kita memiliki dua buah apel, massa akan mengukur seberapa banyak materi (buah apel) yang ada dalam dua apel tersebut.

Satuan yang biasa digunakan untuk mengukur massa adalah gram (g) atau kilogram (kg).

Jadi, intinya adalah volume mengukur ruang yang ditempati oleh benda, sedangkan massa mengukur banyaknya materi dalam benda.

Keduanya adalah dua konsep yang berbeda dan memiliki satuan pengukuran yang berbeda pula.