Bagaimana Cara Menentukan Massa Suatu Benda? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 37

Bagaimana cara menentukan massa suatu benda?

Jawaban:

Cara menentukan massa suatu benda yaitu dengan menggunakan timbangan. Letakkan benda di salah satu sisi timbangan. Jika timbangan miring, itu menandakan benda memiliki massa. Pastikan timbangan kembali seimbang, lalu baca nilai massa pada timbangan tersebut.

Penjelasannya:

Untuk menentukan massa suatu benda, Anda dapat menggunakan timbangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan timbangan berada dalam kondisi seimbang saat tidak ada benda yang diletakkan di atasnya. Pastikan juga timbangan berada pada permukaan yang datar dan stabil.

2. Letakkan benda yang ingin Anda ukur massanya di salah satu sisi timbangan.

3. Perhatikan dengan saksama timbangan. Jika timbangan miring ke arah benda yang Anda letakkan, itu berarti benda tersebut memiliki massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula kemiringan timbangan.

4. Jika timbangan tidak seimbang, pertimbangkan untuk menambah atau mengurangi beban pada sisi timbangan yang kosong sampai timbangan kembali seimbang. Pastikan Anda menambah atau mengurangi beban dengan hati-hati agar hasil pengukuran akurat.

5. Setelah timbangan kembali seimbang, baca nilai massa pada timbangan. Nilai tersebut akan menunjukkan massa dari benda yang Anda ukur.