Apa Saja yang Membantu Tumbuhan Menyebarkan Bijinya? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 24

Apa saja yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya?

Jawaban:

Yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya adalah angin, hewan, air, pelepasan mekanis, dan juga bantuan manusia.

Penjelasannya:

Tumbuhan memiliki berbagai cara yang unik untuk menyebarkan biji-bijinya agar dapat tumbuh menjadi tanaman baru, di antaranya adalah:

1. Angin
Beberapa tumbuhan memiliki biji yang ringan dan dilengkapi dengan "sayap" atau rambut-rambut halus. Angin membantu biji-biji ini terbawa jauh dari induknya ketika biji tersebut jatuh dari tanaman. Contohnya, seperti biji pohon ek atau dandelion.

2. Hewan
Beberapa tumbuhan menarik hewan dengan buah atau biji yang lezat untuk dimakan. Setelah dimakan, biji-biji ini akan lewat melalui pencernaan hewan dan kemudian dikeluarkan bersama kotoran hewan. Proses ini membantu biji menyebar lebih jauh dari tempat induk tanaman. Misalnya, stroberi dan anggur.

3. Air
Beberapa tumbuhan hidup di lingkungan yang berair, seperti di tepi sungai atau danau. Biji-biji dari tumbuhan ini akan terbawa oleh arus air dan tersebar ke tempat-tempat yang lebih jauh. Misalnya, kelapa laut yang bijinya bisa tersebar di pantai melalui air.

4. Pelepasan mekanis
Ada juga tumbuhan yang memiliki cara unik untuk melepaskan bijinya secara mekanis. Misalnya, biji bunga marigold yang berbentuk seperti batang kecil dengan ujung yang melengkung. Ketika biji tersebut matang, ujungnya akan terbuka dan melepaskan biji ke sekitarnya.

5. Manusia
Kita, manusia, juga turut membantu menyebarkan biji-biji tumbuhan, meskipun ini bukan metode alami. Misalnya, ketika kita memakan buah dan membuang bijinya di tempat lain atau membawa biji tumbuhan dari satu tempat ke tempat lainnya.