Jawaban: Jelaskan dengan singkat perilaku intoleran bertentangan dengan nilai Pancasila, yaitu sila ke-1 dan ke-2!

Jelaskan dengan singkat perilaku intoleran bertentangan dengan nilai Pancasila, yaitu sila ke-1 dan ke-2!

Jawaban:

Perilaku intoleran yang bertentangan dengan sila ke-1 dapat terjadi ketika seseorang atau kelompok orang tidak menghargai keyakinan agama atau kepercayaan yang berbeda dengan yang mereka anut. Contohnya, ketika ada orang yang merendahkan agama atau keyakinan orang lain, melakukan pemaksaan agama atau keyakinan, ataupun melakukan tindakan kekerasan atas alasan agama atau keyakinan tertentu.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus menghargai keberagaman agama dan keyakinan yang ada, serta membangun sikap saling menghormati dan toleransi dalam bermasyarakat.

Perilaku intoleran yang bertentangan dengan sila ke-2 dapat terjadi ketika seseorang atau kelompok orang tidak menghargai perbedaan suku, agama, ras, dan gender, serta melakukan diskriminasi atau kekerasan terhadap kelompok tertentu. Contohnya, ketika ada orang yang melakukan tindakan diskriminatif terhadap kelompok tertentu, melakukan tindakan kekerasan atau merendahkan martabat orang lain hanya karena perbedaan latar belakang atau kepercayaan.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus membangun sikap saling menghargai dan toleransi dalam bermasyarakat, serta menghormati hak asasi manusia dan memperlakukan sesama manusia dengan adil dan beradab.

Komentar