Jawaban: Dalam ajaran berbudi pekerti luhur, jujur itu membawa kebaikan menuntun kepada kehendak Tuhan Yang Maha Esa, namun perlu ditumbuhkan dengan sikap mengalahkan hawa nafsu iri. Ungkapan tersebut mengandung arti bahwa kejujuran....

Dalam ajaran berbudi pekerti luhur, jujur itu membawa kebaikan menuntun kepada kehendak Tuhan Yang Maha Esa, namun perlu ditumbuhkan dengan sikap mengalahkan hawa nafsu iri. Ungkapan tersebut mengandung arti bahwa kejujuran....
A. Sangat mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
B. Menyebabkan kenyamanan dan selalu menguntungkan diri
C. Membuat pelakunya selalu gelisah
D. Membawa tuah dalam hidup mendapat balasan dari sesama
E. Perlu dijunjung tinggi tanpa mengenal bosan agar hidup tenteram

Jawaban: D. Membawa tuah dalam hidup mendapat balasan dari sesama

Ketika seseorang selalu berperilaku jujur, maka ia akan selalu mendapatkan balasan yang baik dari orang lain di sekitarnya. Balasan yang dimaksud bisa berupa rasa saling percaya, rasa hormat, atau pun pujian yang diberikan oleh orang lain.

Selain itu, perilaku jujur juga dianggap membawa keberuntungan atau kebaikan (tuah) bagi hidup seseorang, karena dengan jujur seseorang akan selalu dikelilingi oleh energi positif dan dapat menghindari segala bentuk kesulitan atau masalah yang disebabkan oleh perilaku tidak jujur.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengutamakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

Komentar