Jawaban: Apakah persamaannya keranjingan bermain game atau gadget (Hp, android, desktop) dengan pemabuk dan pengguna narkoba? Jelaskan!

Apakah persamaannya keranjingan bermain game atau gadget (Hp, android, desktop) dengan pemabuk dan pengguna narkoba? Jelaskan!

Jawaban:

Persamaan keranjingan bermain game atau gadget (Hp, android, desktop) dengan pemabuk dan pengguna narkoba adalah sama-sama bisa menyebabkan adiksi atau ketergantungan yang berbahaya bagi kesehatan dan kehidupan seseorang.

Keranjingan bermain game atau gadget dapat menyebabkan seseorang kecanduan dan mengabaikan kewajiban dan tanggung jawabnya, seperti belajar, bekerja, atau berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman. Hal ini dapat mengganggu perkembangan sosial dan emosional serta memperburuk kondisi kesehatan fisik dan mental.
Sementara itu, penggunaan narkoba atau pemabuk juga dapat menyebabkan ketergantungan dan memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berfikir dan berperilaku dengan baik, sehingga mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Kedua perilaku tersebut juga membutuhkan pengendalian diri dan kedisiplinan yang kuat untuk menghindari adiksi atau ketergantungan. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memahami batas-batas sehat dalam menggunakan gadget dan menjaga keseimbangan antara penggunaan gadget dengan kegiatan produktif dan interaksi sosial.

Komentar