Hikmah dan Pesan Damai dari Dakwah Wali Songo di Tanah Jawa


Para Wali Songo sangat berperan dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara, khususnya Jawa. Mereka mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam dengan damai dan secara perlahan-lahan. Sehingga banyak masyarakat menerima ajaran Islam dengan penuh kerelaan.

Berikut adalah Hikmah dan Pesan Damai dari Dakwah Wali Songo di Tanah Jawa

1. Berdakwah melalui Budaya
Para Wali Songo menyisipkan nilai-nilai dan ajaran Islam sedikit demi sedikit melalui pendekatan budaya yang sudah berkembang di masyarakat, sehingga terjadilah apa yang dinamakan akulturasi dan asimilasi budaya yaitu adaptasi budaya lama yang sudah ada, dan disesuaikan dengan nilai-nilai dan ajaran agama Islam.

2. Berdakwah secara damai
Metode dakwah yang dilakukan oleh para Wali Songo benar-benar merangkul dan merengkuh semua lapisan masyarakat. Tidak ada satupun wali yang melakukan cara-cara kekerasan dalam berdakwah sehingga proses adaptasi, asimilasi dan akulturasi budaya tersebut dapar berjalan dengan harmonis dan minim konflik.

3. Berdakwah dengan tidak memaksa
Proses masuknya budaya yang baik, adalah dengan tidak menggunakan cara-cara yang kasar dan melukai hati, meskipun juga tetap harus mengandung unsur ketegasan. Hal inilah yang selalu menjadi pegangan Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara yang pada saat itu masih menganut agama kepercayaan dan masih banyak ditemui praktik syirik dan musyrik dalam kehidupan sehari-hari. Namun kiranya strategi dakwah bil lisan, bil hikmah wal mauidlatil hasanah, para wali pun menunjukkan sifat-sifat uswatun hasanah merupakan strategi dakwah yang masih relevan untuk diteladani kembali saat ini.