Pengertian Jaringan, Komputer dan Jaringan Komputer


Berikut adalah pengertian jaringan, komputer dan jaringan komputer.

Jaringan adalah kumpulan titik-titik yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya yang bisa berbagi sumberdaya dan bertukar informasi.

Komputer merupakan perangkat atau alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan pada aplikasi.

Kata komputer berasal dari kata compute yang berarti menghitung karena pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata compute ini kemudian dipindahkan kepada mesin yang berfungsi sebagai alat hitung.

Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data antar komputer.

Tujuan dari jaringan komputer adalah setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).

Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer atau lebih yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai media transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.

Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.