Pengertian Internet, Sejarah, Pertumbuhan dan Kegunaannya


Berikut adalah pengertian internet, sejarah, pertumbuhan dan kegunaannya.

A. PENGERTIAN
Internet (Inteconnected-Network) adalah sekumpulan jaringan komputer yang membentuk jaringan luas (WAN) dan dapat terhubung ke berbagai macam situs atau website.

Internet menyediakan akses untuk layanan di bidang telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia sehingga bisa saling berbagi informasi.

Jaringan Internet adalah suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan yang lebih luas dan mengamati lalu lintas dalam jaringan.

Protokol ini mengatur format data yang diijinkan dalam jaringan, penanganan kesalahan (error- handling), lalu lintas pesan atau data, dan standar komunikasi lainnya.

Protokol standar yang digunakan pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer dan smartphone, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Keunggulan layanan Internet, antara lain:
  • Komunikasi murah
  • Sumber informasi besar
  • Tantangan baru untuk berusaha
  • Keterbukaan “tanpa sensor”
  • Jangkauan yang tidak terbatas

B. SEJARAH INTERNET
Sebelum Internet ada, DARPA (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat yang di kenal dengan ARPAnet, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Jadi jika satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya.

Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademis University of California di Los Angeles (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990 yang diawali dengan lahirnya WWW (Word Wide Web).

C. PERTUMBUHAN INTERNET
Pertumbuhan Internet sangat baik dan sangat pesat saat ini berdasarkan Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) menunjukkan, jumlah pengguna internet Indonesia naik 8,9% dari 171,2 juta pada 2018 menjadi 196,7 juta per kuartal II 2020.

Startup dinilai perlu memperkuat kreatifitas serta inovasi dan menyesuaikan layanan untuk memanfaatkan momentum ini. Porsi pengguna internet di Indonesia juga meningkat dari 64,8% menjadi 73,7% terhadap total populasi 266,9 juta.

Sebanyak 19,2% pengguna internet di Indonesia memakai layanan ini selama delapan tahun lebih. Gawai (gadget) yang paling sering digunakan yakni smartphone (ponsel pintar). Mayoritas dari pengguna internet memanfaatkan layanan untuk mengakses media sosial, aplikasi percakapan, perbankan, hiburan, dan berbelanja online. 

D. KEGUNAAN INTERNET
Berikut beberapa kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain sebagainya), antara lain:
  1. Internet sebagai Media Komunikasi, contohnya berita online, Email, Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, youtube), Percakapan (Whatsapp, Telegram)
  2. Internet sebagai Media Komunikasi Interaktif. Contohnya, promosi perusahaan, pengenalan dan pemesanan produk, Registrasi klien, Jadwal pengiriman dan lain-lain
  3. Internet sebagai Media Komunikasi Interaktif, contohnya Email, Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp), Video Conferencing (zoom, google meet), Internet Relay Chat dan Internet Phone
  4. Internet sebagai alat Research and Development
  5. Internet sebagai Pertukaran Data

Baca Juga...

There is no other posts in this category.