Pengertian Fotografi dan Videografi Lengkap dengan Alat-Alatnya


Berikut adalah pengertian fotografi dan videografi lengkap dengan alat-alat yang digunakan dalam proses pengambilan gambar dan video.

A. PENGERTIAN FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI

Fotografi adalah proses pengambilan gambar dengan menggunakan media cahaya. Alat paling populer yang digunakan untuk menangkap cahaya ini adalah kamera.

Videografi adalah proses pengambilan gambar bergerak pada media elektronik dan bahkan media streaming. Istilah tersebut mencakup metode produksi video dan pasca produksi.

B. ALAT BANTU FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI

Untuk pengambilan suatu foto dan video tentunya membutuhkan beberapa alat bantu yang sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut adalah nama-nama alat bantu yang dibutuhkan untuk pengambilan foto dan video lengkap dengan kegunaannya.
  1. Filter, yaitu alat yang digunakan untuk menyaring cahaya yang masuk agar mendapatkan efek sesuai dengan jenis filternya.
  2. Tudung Lensa, yaitu sebagai penghalang/menghilangkan cahaya yang tidak diinginkan datang ke lensa kamera yang dapat mengakibatkan flare pada hasil pemotretan.
  3. Tripod, yaitu alat penyangga camera agar camera tetap stabil saat proses pemotretan.
  4. Monopod, yaitu alat bantu pemotretan yang memiliki fungsi yang sama dengan tripod tetapi monopod hanya mempunyai satu kaki penyangga saja.
  5. Background atau kain digunakan sebagai latar belakang pada saat pemotretan, pengambilan video dan lai-lain.
  6. Stand Background, yaitu alat yang digunakan untuk menempatkan background agar dapat berdiri dan dijadikan latar untuk pemotretan maupun pengambilan sebuah video
  7. Payung Reflektor, yaitu alat yang digunakan untuk menyebarkan cahaya sehingga pencahayaan yang dihasilkan terlihat lebih lembut pada foto.
  8. Light Stand, yaitu alat yang dapat digunakan sebagai menyangga lampu studio.
  9. Honeycomp, yaitu alat yang digunakan untuk menghaluskan cahaya yang jatuh ke arah obyek gambar
  10. Flash Meter, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan sumber cahaya pada saat pemotretan indoor maupun outdoor.
  11. Softbox, yaitu alat yang digunakan untuk memberikan cahaya yang lembut pada saat pemotretan.
  12. Barndoors, yaitu alat yang digunakan sebagai pengarah datangnya cahaya dari arah sumber cahaya.
  13. Strobo, kegunaan strobo hampir mirip dengan flash pada camera tetapi sesnsor yang dimiliki strobe dapat menangkap cahaya utama dan meyala secara otomatis
  14. Trigger, yaitu flash tambahan yang terpisah dengan camera, sehingga flash dapat di gunakan dengan bantuan gelombang elektro tanpa harus di pasang di body kamera.
  15. Shutter Release, atau juga bisa di sebut kabel release karena fungsi dari shutter release ini sebagai pengganti sutter pada kamera namun dengan tambahan kabel sehingga dapat meminimalisir goncangan saat menekan tombol shutter.