Peranan Para Ulama, Perdagangan Antarpulau Dan Bahasa Dalam Proses Integrasi – Sejarah Indonesia kelas 10 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X SMA/SMK materi Peranan Para Ulama, Perdagangan Antarpulau Dan Bahasa Dalam Proses Integrasi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan peranan para ulama dalam proses integrasi
  2. Jelaskan bagaimana peran perdagangan antarpulau dalam proses integrasi
  3. Jelaskan peran bahasa dalam proses integrasi

Kunci Jawaban:

1. Peranan para ulama dalam proses integrasi, yaitu:
Timbulnya kerajaan-kerajaan Islam merupakan awal terjadinya proses integrasi. Meskipun masing-masing kerajaan memiliki cara dan faktor pendukung yang berbeda-beda dalam proses integrasinya.

Para ulama mengajarkan kebersamaan dan mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama. Islam mengajarkan persamaan dan tidak mengenal kasta-kasta dalam kehidupan masyarakat. Konsep ajaran Islam memunculkan perilaku ke arah persatuan dan persamaan derajat.

2. Peran perdagangan antarpulau dalam proses integrasi, yaitu:
Penduduk di suatu pulau ingin mendapatkan barang-barang yang terdapat di pulau lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terjadilah hubungan dagang antar pulau melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan. Kegiatan inilah yang menimbulkan pergaulan dan hubungan kebudayaan antara para pedagang dengan penduduk setempat yang diikuti pengaruh di bidang budaya.

Dengan demikian perdagangan antarpulau mendorong terjadinya proses integrasi yang terhubung melalui para pedagang. Proses integrasi itu juga diperkuat dengan berkembangnya hubungan kebudayaan. Bahkan juga ada yang diikuti dengan perkawinan.

3. Peran bahasa dalam proses integrasi, yaitu:
Kepulauan Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau yang dihuni oleh aneka ragam suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki bahasa masing-masing. Untuk mempermudah komunikasi antarsuku bangsa, diperlukan satu bahasa yang menjadi bahasa perantara dan dapat dimengerti oleh semua suku bangsa, yaitu bahasa Indonesia.

Dengan memiliki kesamaan bahasa mendorong timbulnya persatuan di antara suku bangsa.