Soal dan Jawaban materi Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara – PPKn Kelas 12 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII SMA/SMK materi Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan makna hak dan kewajiban warga negara
  2. Jelaskan perbedaan hak konstitusional dan hak hukum
  3. Apa yang dimaksud dengan Hak Warga Negara
  4. Jelaskan perbedaan kewajiban warga negara dengan kewajiban asasi
  5. Jelaskan hubungan Hak dan Kewajiban warga negara
  6. Jelaskan mengapa Hak dan kewajiban warga negara tidak dapat dipisahkan?
Kunci Jawaban:

1. Makna hak dan kewajiban warga negara, yaitu hak yang diperoleh setiap warga negara sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku merupakan akibat dari dilaksanakannya kewajiban bernegara. Dengan kata lain, hak baru bisa diperoleh apabila kewajiban sudah dilakukan. 

Contohnya, seorang warga negara berhak untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya, sebagai salah satu akibat dari dipenuhinya kewajiban oleh negara, yaitu negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing

2. Perbedaan hak konstitusional dan hak hukum, yaitu:
Hak konstitutional adalah hak-hak yang dijamin di dalam dan oleh UUD NRI Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945). Sedangkan, hak hukum timbul berdasarkan jaminan undang- undang dan peraturan perundang- undangan di bawahnya.

3. Hak Warga Negara adalah seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara.

4. Perbedaan kewajiban warga negara dengan kewajiban asasi, yaitu:
Kewajiban asasi merupakan kewajiban dasar setiap orang. Dengan kata lain, kewajiban asasi terlepas dari   status kewarganegaraan yang dimiliki oleh orang tersebut. Sedangkan, kewajiban warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraan seseorang.

5. Hubungan Hak dan Kewajiban warga negara, yaitu:
Sama-sama memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat. Seseorang mendapatkan hak karena kewajibannya dipenuhi. Contohnya, seorang pekerja berhak mendapatkan upah, setelah melaksanakan pekerjaan yang menjadi kewajibannya.

Selain itu, hak yang didapatkan seseorang sebagai akibat dari kewajiban yang dipenuhi oleh orang lain. Contohnya, seorang pelajar mendapatkan ilmu pengetahuan pada mata pelajaran tertentu, sebagai salah satu akibat dari dipenuhinya kewajiban oleh guru, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

6. Hak dan kewajiban warga negara tidak dapat dipisahkan, karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak dan begitupun sebaliknya.