Soal dan Jawaban materi Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah – PPKn Kelas 10 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X SMA/SMK materi Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan 2 cara yang dapat menghubungkan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah
  2. Jelaskan tiga faktor yang menjadi dasar pembagian fungsi, urusan, tugas, dan wewenang antara pemerintah pusat dan daerah
  3. Gambarkan bagan hubungan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah
  4. Jelaskan hubungan fungsional pemerintah pusat dan daerah

Kunci Jawaban:

1. Dua cara yang dapat menghubungkan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yaitu:
  • Cara pertama dengan sentralisasi, yakni segala urusan, fungsi, tugas, dan wewenang penyelenggaraan pemerintahan ada pada pemerintah pusat yang pelaksanaannya dilakukan secara dekonsentrasi
  • Cara kedua, dikenal sebagai desentralisasi, yakni segala urusan, tugas, dan wewenang pemerintahan diserahkan seluas-luasnya kepada pemerintah daerah.
2. Tiga faktor yang menjadi dasar pembagian fungsi, urusan, tugas, dan wewenang antara pemerintah pusat dan daerah, yaitu:
  • Fungsi yang sifatnya berskala nasional dan berkaitan dengan eksistensi negara sebagai kesatuan politik diserahkan kepada pemerintah pusat.
  • Fungsi yang menyangkut pelayanan masyarakat yang perlu disediakan secara beragam untuk seluruh daerah dikelola oleh pemerintah pusat.
  • Fungsi pelayanan yang bersifat lokal, melibatkan masyarakat luas dan tidak memerlukan tingkat pelayanan yang standar, dikelola oleh pemerintah daerah yang disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan daerah masing-masing.
3. Bagan hubungan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah:


4. Hubungan fungsional pemerintah pusat dan daerah, yaitu:
  • Hubungan kewenangan yang saling melengkapi satu sama lain dalam melindungi serta memberi ruang kebebasan kepada daerah untuk mengolah dan mengurus rumah tangga sendiri berdasarkan kondisi dan kemampuan daerah
  • Sama-sama memiliki tujuan untuk melayani masyarakat secara adil dan merata dalam berbagai aspek kehidupan