Soal dan Jawaban materi Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 – PPKn Kelas 8 SMP/MTs


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 lengkap dengan kunci jawaban.

Ketika Ir. Soekarno–Moch. Hatta membacakan Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, kala itu ada harapan dalam diri pendiri negara maupun masyarakat yang mengikuti peristiwa tersebut di radio, bahwa bangsa Indonesia ingin melepaskan diri dari penjajahan.

Soal Essay:

1. Menurut pendapatmu, manakah dari suasana yang diceritakan tersebut yang merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945?
2. Berikan alasan bahwa peristiwa di atas merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 pada alinea pertama!

Ayah Adi adalah seorang anggota kepolisian, ia menegakkan hukum dan kedisiplinan di lingkungan kerjanya maupun di masyarakat. Hal tersebut ia lakukan untuk menjalankan tugas yang diembannya karena dalam UUD NRI tahun 1945 tertulis kaharusan warga negara menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan (Pasal 27 ayat 1).

3. Apakah kepatuhan ayah Adi terhadap tugas yang diembannya merupakan salah satu bentuk mengamalkan UUD NRI tahun 1945? Berikan alasannya!
4. Jelaskan menurut pendapatmu, mengapa ayah Adi melakukan perbuatan tersebut!
5. Jika kalian menjadi ayah Adi apa yang akan kalian lakukan untuk mematuhi kaidah fundamental UUD NRI tahun 1945?

Kunci Jawaban:

1. Menurut pendapat saya, dari suasana yang diceritakan tersebut yang merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah:
Bangsa Indonesia ingin melepaskan diri dari penjajahan sehingga bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Akhirnya dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 Indonesia membuat sebuah pernyataan bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan.

2. Alasan bahwa peristiwa di atas merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 pada alinea pertama yaitu:
Pada alinea pertama pembukaan UUD NRI tahun 1945 dinyatakan bahwa: kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan, maka semua warga Indonesia terutama para pendiri negara seperti Ir. Soekarno dan Moch Hatta tergerak untuk segera menyatakan kemerdekaan karena dampak dari sebuah penjajahan adalah menderitanya seluruh bangsa.

3. Kepatuhan ayah Adi terhadap tugas yang diembannya merupakan salah satu bentuk mengamalkan UUD NRI tahun 1945, karena ia sebagai seorang anggota kepolisian berusaha untuk tetap konsisten menegakkan hukum dan kedisiplinan tidak hanya dilingkungannya bekerja namun juga dalam kehidupannya bermasyarakat.

Adapun bukti bahwa ia mengamalkan UUD tersebut adalah beliau mampu melaksanakan menjunjung tinggi hukum dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Menurut pendapat saya, ayah Adi melakukan perbuatan tersebut karena:
  • Ia adalah warga negara yang bertanggung jawab.
  • Ia ingin memberikan suri tauladan pada masyarakat bagaimana menjadi warga negara yang baik.
  • Ia memiliki hati nurani mencintai bangsa dan negara Indonesia.
  • Ia memiliki jiwa patriotik yang tinggi.
  • Ia Mensyukuri atas nikmat memiliki pekerjaan.
5. Jika saya menjadi ayah Adi, yang akan saya lakukan untuk mematuhi kaidah fundamental UUD NRI tahun 1945 adalah:
  • Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum
  • Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat
  • Membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.