Soal dan Jawaban materi Memperkuat Komitmen Kebangsaan – PPKn Kelas 8 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Memperkuat Komitmen Kebangsaan lengkap dengan kunci jawaban.

Wacana:
Jiwa dan semangat para pendiri Negara yang dioperasionalkan dalam jiwa dan semangat 45 dimaksudkan untuk menjaga tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia. Pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan ”Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik” dan Pasal 37 ayat (5) menegaskan ”Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”. Majelis Permusyawaratan Rakyat telah membuat ketetapan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak boleh diganggu gugat. Bentuk Negara kesatuan bagi Negara Indonesia sudah dianggap final.

Soal Essay:
  1. Jika ketentuan dan UUD negara sudah menyatakan bahwa NKRI tidak dapat diganggu gugat, apa yang mungkin dapat kita lakukan untuk mendukung ketentuan tersebut?
  2. Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia?
  3. Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?
  4. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pem- bangunan, apa yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar?
  5. Coba kalian lanjutkan wacana di atas dengan memberikan sebuah komitmen kebangsaan pemuda berupa deklarasi janji, deklamasi, catatan orasi, atau bentuk apapun yang dapat mengungkapkannya.

Kunci Jawaban:

1. Jika ketentuan dan UUD negara sudah menyatakan bahwa NKRI tidak dapat diganggu gugat, yang mungkin dapat kita lakukan untuk mendukung ketentuan tersebut adalah:
  • Menjaga keamanan wilayah negara dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.
  • Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  • Rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara.
2. Ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia, menurut pendapat saya komitmen NKRI harga mati merupakan satu hal yang wajar, mengingat banyak sekali pengorbanan para pejuang yang telah dilakukan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia mulai dari masa penjajahan hingga masa proklamasi kemerdekaan.

3. Semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada saat itu, yaitu para pendiri bangsa memiliki sikap nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Dalam usaha memperjuangkan kemerdekaan mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya. Walaupun Soekarno dan Moh. Hatta berkali-kali di tangkap, dipenjarakan hingga diasingkan, tetapi semangat mereka untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tak pernah surut.

4. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, yang akan saya lakukan sebagai seorang pelajar adalah Belajar dengan tekun. Dengan belajar tekun, maka pelajar akan menjadi pandai dan kepandaian tersebut dapat memajukan negara Indonesia.

5. Komitmen kebangsaan saya sebagai seorang pemuda (berupa deklarasi janji), yaitu:
Sebagai warga negara saya berjanji untuk ikut berpartisipasi dalam upaya menjaga keutuhan wilayah dan bangsa Indonesia, termasuk turut serta atau terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang dapat menjaga keutuhan wilayah dan bangsa Indonesia, diantaranya:
  • Mempunyai rasa cinta terhadap tanah air
  • Membina persatuan dan kesatuan
  • Rela berkorban dalam menjaga keutuhan NKRI
  • Mengembangkan pengetahuan budaya dalam mempertahankan NKRI
  • Memiliki Sikap dan Perilaku Menjaga Kesatuan NKRI