Soal dan Jawaban materi Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya – IPS Kelas 9 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs materi Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?
  2. Mengapa pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya?
  3. Mengapa Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya?
  4. Jelaskanlah sebaran penduduk Asia dan faktor yang mempengaruhinya!
  5. Mengapa sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran dan kematian yang rendah?
Kunci Jawaban:

1. Bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua, karena pedalaman benua biasanya memiliki iklim kering, sedikit hujan sehingga sulit mendapatkan air serta terdiri dari pegunungan dan bukit, transportasi dan mobilisasi sulit sehingga membuat sedikit orang mau tinggal disana.

2. Pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya, karena Pantai barat Inggris berbatasan langsung dengan samudra Atlantik dimana angin Barat yang bertiup dari samudra lepas sangat mendominasi, lalu kiriman uap air tiba di sana sepanjang tahun yang sebelumnya melewati Arus Atlantik Utara (Panas) yang sering di sebut dengan Arus Gulf (Gulf Stream).

3. Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya, karena benua Australia mengalami perubahan iklim yaitu lebih hangat dan kering, sehingga isolasi geografis memaksa hewan dan tumbuhan berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi alam Australia.

4. Sebaran penduduk di Asia:
Sebaran penduduk di Asia cenderung tidak merata. Faktor yang mempengaruhinya adalah faktor iklim yang beragam. Sehingga kebanyakan penduduk bermukim di daerah iklim basah karena mayoritas penduduk sebagai petani membutuhkan lahan yang subur.

Sedangkan sebaran penduduk di Asia yang tinggal di daerah pesisir dipengaruhi oleh faktor geografis ekonominya, agar dekat dengan pergerakan ekonomi pelabuhan utama.

Sebaran penduduk yang tinggal di daerah yang kering dan tandus juga ada penduduknya tetapi tidak sebanyak dua lokasi itu.

5. Sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran yang rendah, karena dipengaruhi oleh pilihan wanita untuk berkarir atau memiliki anak. Wanita yang memilih berkarir enggan untuk mempunyai anak. Sedangkan perempuan yang memiliki anak di Jerman umumnya tidak bekerja. Masyarakat jerman berpandangan bahwa tidak memiliki anak adalah sesuatu yang sangat normal. 

Negara maju di Eropa seperti Jerman juga memiliki angka kematian yang rendah, karena negara eropa memiliki fasilitas layanan kesehatan terbaik dan lengkap. Selain itu masyarakat disana memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pola hidup sehat.