Soal dan Jawaban materi Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi – IPS Kelas 9 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs materi Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!
  2. Pada pemerintahan Orde Baru, perekonomian Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Apa saja hal-hal yang mendukung kemajuan tersebut? Jelaskan!
  3. Pada tahun 1998, keadaan ekonomi Indonesia kembali memburuk. Jelaskan hal-hal yang menyebabkan keadaan tersebut!
  4. Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat sejak masa kemerdekaan hingga reformasi?
  5. Bagaimanakah upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah pada masa Orde Baru dan masa Reformasi untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia?
Kunci Jawaban:

1. Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapat saya, yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia:

a. Pada masa kemerdekaan:
Kondisi ekonomi pada masa awal kemerdekaan sangat memprihatinkan karena inflasi, belum punya mata uang Republik Indonesia, peredaran mata uang asing, dan kas negara kosong

b. Masa demokrasi parlementer:
Tingginya jumlah mata uang yang beredar dan meningkatnya biaya hidup. Selain itu juga pertambahan jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan yang rendah.

c. Masa demokrasi terpimpin:
Keadaan ekonomi Indonesia semakin merosot. Kemerosotan melanda semua sektor ekonomi yang vital. Sebagai dampaknya, harga barang-barang konsumsi naik dan biaya hidup meningkat.

2. Pada pemerintahan Orde Baru, perekonomian Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal-hal yang mendukung kemajuan tersebut adalah:
  • Adanya pemberlakuan kebijakan terhadap tiga UU baru tentang Perbankan
  • Pemerintahan menetapkan dua kebijakan ekonomi, yakni jangka panjang dan jangka pendek.
  • Tingginya harga minyak internasional pada periode 1974 – 1982. Dimana pada tahun 1977 indonesia mampu memproduksi begitu banyak minyak hingga mencapai 1.68 juta barel perhari.
3. Pada tahun 1998, keadaan ekonomi Indonesia kembali memburuk. Hal-hal yang menyebabkan keadaan tersebut adalah: Marak terjadi praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, yang menyebabkan kondisi perekonomian di Indonesia karut-marut, terutama setelah mengalami krisis moneter.

4. Perkembangan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat sejak masa kemerdekaan hingga reformasi, yaitu:
a. Masa kemerdekaan
Segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan dan semua warga indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang  sama dalam segala bidang.

Pendidikan pada awal kemerdekaan terbagi atas 4 tingkatan, yaitu pendidikan rendah, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, dan pendidikan tinggi.

b. Masa Demokrasi Parlementer
Munculnya gangguan keamanan di berbagai tempat, dan upaya perbaikan ekonomi yang tidak berjalan lancar, menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran.  

Saat itu, mulai dibuka sekolah teknik karena menurut Menteri Pendidikan pada saat itu, bangsa Indonesia sangat tertinggal dalam pengetahuan teknik yang sangat dibutuhkan oleh dunia modern.

c. Masa Demokrasi Terpimpin
Terjadi dinamika politik berupa persaingan antar kekuatan politik yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia waktu itu.

Perkembangan pendidikan pada masa ini adalah murid sekolah lanjutan tingkat pertama dan sekolah lanjutan tingkat atas jumlahnya banyak sekali dan sebagian besar mengharapkan menjadi mahasiswa. Dalam kurikulum SMP ditambahkan mata pelajaran Ilmu Administrasi dan Kesejahteraan Masyarakat, dan SMA penjurusan dilakukan mulai kelas II dibagi menjadi kelas budaya, kelas sosial dan ilmu alam. 

d. Masa Orde Baru
Pada masa  orde baru, pemerintahan berhasil mewujudkan stabilitas politik dan menciptakan suasana aman bagi masyarakat Indonesia. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari penurunan angka kemiskinan penurunan angka kematian bayi, dan peningkatan partisipasi pendidikan dasar. Program-program untuk perbaikan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan pada masa orde baru antara lain adalah transmigrasi, keluarga berencana (KB), puskesmas dan posyandu, pendidikan dan kebudayaan. 

e. Masa Reformasi
Pada masa awal reformasi sempat diwarnai dengan terjadinya berbagai konflik sosial yang bersifat etnis ditengah-tengah masyarakat. hal ini disebabkan oleh kondisi sosial masyarakat yang kacau akibat lemahnya hukum dan kondisi ekonomi negara yang tidak kunjung membaik mengakibatkan sering terjadi gesekan-gesekan dalam masyarakat.

Pendidikan pada masa Reformasi ditetapkan UUD No 22 Tahun 1999 yang mengubah sistem pendidikan Indonesia menjadi sektor pembangunan yang di desentralisasikan dan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menggantikan UU No 2 tahun 1989 yang mendefinisikan ulang pengertian pendidikan

5. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah pada masa Orde Baru dan masa Reformasi untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia adalah:
a. Masa Orde Baru
Pemerintah mencanangkan program Pelestarian budaya dan pengenalan budaya setempat melalui sekolah, kursus seni, organisasi seni, dan kegiatan seni lainnya di masyarakat, dan sekaligus mempromosikannya hingga ke luar negeri.

b. Masa Reformasi
Pemerintah mulai mendaftarkan budaya Indonesia pada UNESCO dan mengajarkan budaya Indonesia baik kepada masyarakat didalam atau luar negeri.