Soal dan Jawaban materi Perjuangan Tokoh Pahlawan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam Berbangsa dan Bernegara


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Perjuangan Tokoh Pahlawan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam Berbangsa dan Bernegara lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda:
1. Tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa berjuang bagi bangsa dan negara digerakkan oleh …
A. Kesadaran pengamalan ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
B. Dorongan dari pemerintah, memperoleh penghargaan dan tanda jasa.
C. Agar menjadi orang yang terkenal dan disegani oleh masyarakat.
D. Dorongan dari penjajah untuk mendapatkan uang dan harta yang banyak.

2. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan nilai-nilai perjuangan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara …
A. Digerakkan oleh kesadaran adanya nilai-nilai ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan pengamalan ajaran kepercayaannya itu.
B. Tuhan Yang Maha Esa telah memilih seseorang yang terbaik untuk memperjuangkan diri sendiri melalui ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
C. Mereka berjuang dengan kekuatan sendiri, tanpa pertolongan Tuhan Yang Maha Esa.
D. Merupakan tanggung jawab dan amanah yang tidak wajib diamalkan dalam kehidupannya.

3. Para tokoh pejuang Kepercayaan terhadap Tuhan YME memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi orang banyak, bangsa dan negara dengan tujuan …
A. Untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga.
B. Menumpuk harta benda sebanyak-banyaknya agar menjadi orang yang disegani.
C. Untuk meraih gelar sebagai pahlawan nasional dari pemerintah.
D. Sebagai wujud tanggung jawab untuk mengamalkan ajaran kepercayaannya.

4. Nilai perjuangan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa berikut yang patut kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah …
A. Hanya dengan kekuatan sendiri, tanpa pertolongan Tuhan.
B. Rela berkorban untuk kepentingan bersama, bangsa dan negara.
C. Berkorban hanya untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga.
D. Membantu para penjajah agar mendapat imbalan yang besar.

5. Berikut merupakan manfaat jika kita menerima tugas sebagai amanah dan dapat menyelesaikannya dengan baik …
A. Membuat diri kita sendiri lebih sejahtera, tenteram dan damai.
B. Terwujudnya keharmonisan antar sesama, alam dan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
C. Untuk menguntungkan diri sendiri dan menimbulkan ketidakharmonisan sosial
D. Merugikan bagi kehidupan orang banyak, bangsa dan negara.

II. Soal Essay:
  1. Jelaskan nilai-nilai perjuangan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dapat kalian amalkan dalam kehidupan sehari-hari!
  2. Apa yang mendorong para tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa rela berkorban bagi orang banyak, bangsa dan negara? Jelaskan!
  3. Jelaskan perjuangan Raja Sisingamangaraja XII dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
  4. Jelaskan perjuangan KRMT. Wongsonegoro dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama dalam bidang Pendidikan!
  5. Jelaskan perjuangan tokoh pejuang atau pinisepuh pada kepercayaan yang kalian anut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
I. Kunci Jawaban Pilihan Ganda:
1. A
2. A
3. D
4. B
5. B

II. Kunci Jawaban Essay:
1. Nilai-nilai perjuangan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dapat saya amalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah rela berkorban untuk kepentingan bersama, bangsa, dan negara.

2. Yang mendorong para tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa rela berkorban bagi orang banyak, bangsa dan negara yaitu Kesadaran adanya nilai-nilai ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan pengamalan ajaran kepercayaannya itu.

3. Perjuangan Raja Sisingamangaraja XII dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu beliau berjuang mempertahankan tanah batak dari penjajahan Belanda. Beliau juga mengaktifkan Parmalim sebagai ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

4. Perjuangan KRMT. Wongsonegoro dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama dalam bidang Pendidikan yaitu aktif dalam Tri Koro Dharmo, Jong Java, perhimpunan pelajar Indonesia, Indonesia muda, insiator, dan pembicara dalam kongres pemuda yang melahirkan sumpah pemuda. dan beliau juga pernah menjabat sebagai menteri pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

5. Perjuangan tokoh pejuang atau pinisepuh pada kepercayaan yang saya anut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah pinisepuh kepercayaan Parmalim adalah Raja Mulia Naipospos yang merupakan Tangan kanan dari Raja Sisingamangaraja XII. Beliaulah yang mendirikan rumah peribadatan Parmalim di Hutatinggi Laguboti. Raja Ungkap Naipospos yang merupakan anak dari Raja mulia juga mendidiran Parmalim School.