Soal dan Jawaban materi Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia – PPKn 12 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK materi Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia!
  2. Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara?
  3. Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu.
  4. Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?
  5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan Anda lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaan Anda sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung Anda.
Kunci Jawaban:

1. Pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia, yaitu arus deras informasi yang tidak terkendali dengan baik dan tidak sesuai dengan kultur bangsa Indonesia.

Hal ini dapat berakibat pada semakin rendahnya minat bangsa Indonesia untuk mengenali jati dirinya serta Pancasila. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada tergerusnya Pancasila dan mendominasinya ideologi asing.

2. Perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara adalah Dengan adanya keterbukaan, dimungkinkan akan dapat mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga dapat dicapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dengan adanya pemerintahan yang demokratis, sangat dimungkinkan akan meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat dalam penentuan kebijakan publik oleh pemerintah. Sementara itu dengan adanya kebebasan dalam arti kebebasan yang bertanggung jawab, maka setiap orang dapat meningkatkan kualitas dirinya dengan kreativitas dalam kehidupannya tentu saja dalam hal-hal positif. Dengan dilaksanakannya nilai-nilai tersebut, akan menjadi alat kontrol yang efektif dan efisien terhadap keberlangsungan suatu pemerintahan, sehingga pada akhirnya akan tercipta pemerintahan yang bersih, jujur, adil, dan aspiratif.

3. Penyebab orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan seperti kasus penipuan, penculikan dan sebagainya adalah:
a. Identitas pengguna
Pengguna media sosial terutama seringkali memiliki kelengkapan identitas pribadi yang mudah sekali dipalsukan, dibuat-buat atau bahkan mudah dicuri. Hal ini membuat pelaku kejahatan siber dengan mudah dimanipulasi.

b. Penggandaan aset informasi
aset informasi yang ada di media sosial juga dapat dengan mudah digandakan atau disalin. Hal ini karena tidak ada "Delete Button" atau tombol hapus yang tersedia di internet.

Solusi untuk mengatasi persoalan itu adalah, antara lain:
  • Membatasi informasi pribadi yang publikasikan di sosial media
  • Melaporkan aktivitas mencurigakan atau spam ke media sosial yang digunakan untuk mengontak kita. Spam dapat muncul dalam bentuk posting, pesa, atau permintaan pertemanan.
  • Mengganti kata sandi jika merasa seseorang telah mengakses akun pribadi.
  • Jika merasa yakin sedang menjadi target di platform media sosial apa pun, segera laporkan media sosial tersebut. Facebook, LinkedIn, Twitter, Snapchat dan Instagram memberikan instruksi spesifik tentang cara melakukannya.
  • Jangan mudah percaya kepada siapapun di sosial media.
4. Perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek yaitu:
  • Terbuka terhadap inovasi dan perubahan.
  • Berorientasi pada masa depan daripada masa lampau.
  • Dapat memanfaatkan kegunaan iptek.
  • Menghargai pekerjaan sesuai dengan prestasi.
  • Menggunakan potensi lingkungan secara tepat untuk pembangunan berkelanjutan.
  • Menghargai dan menghormati hak-hak asasi manusia.
5. Yang akan saya lakukan apabila terjadi tawuran adalah kita harus berusaha untuk mencegah terjadinya tawuran kalau tidak memungkinkan kita menghindarinya.

Perasaan saya sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung kita adalah sangat memprihatinkan karena dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan mengancam keutuhan negara.