Soal dan Jawaban materi Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu


Berikut adalah soal mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas 10 SMA materi Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?
  2. Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?
  3. Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?
  4. Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari? Sertakan dengan dua contoh!
  5. Menurut pendapat kalian, mengapa terdapat bias sejarah?
Kunci Jawaban

1. Ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis, karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.

2. Arsip menjadi sumber sejarah primer, karena keberadaan arsip yang tercipta pada waktu yang bersamaan ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi. Arsip sebagai bukti dan rekaman untuk menginformasikan suatu peristiwa sehingga arsip menjadi salah satu sumber sejarah primer.

3. Manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah, karena manusia dalam sejarah adalah penggerak sejarah dengan segenap ide dan tindakan yang dilakukan dalam suatu peristiwa bersejarah. Selain itu, manusia juga menjadi pelaku dan saksi sejarah ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi.

4. Pendapat dan pengalaman saya tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
a. Mengetahui asal usul barang yang kita gunakan sehari-hari
Misalnya adalah kita bisa mengetahui asal muasal makanan yang kita makan sehari-hari. Misalnya adalah seperti tomat, nanas, cabe dan cokelat. Semua makanan ini bukan berasal dari Indonesia, bahkan bukan berasal dari benua Asia, namun berasal dari benua Amerika. Dengan mempelajari sejarah kita tahu bahwa makanan ini pertama ditemukan suku asli Amerika seperti suku Aztec, Maya dan Inca. Kemudian makanan-makanan ini dibawa oleh orang Portugis dan Spanyol ke Asia.

b. Menghargai jasa orang terdahulu
Dengan mengetahui sejarah kita bisa menghargai jasa para pahlawan yang sudah berjuang memerdekakan negara Indonesia. Kita juga bisa menghargai jasa para ilmuan yang sudah membuat penemuan yang kita gunakan sehari-hari, seperti listrik, lampu dan computer. 

c. Mengetahui perkembangan teknologi dan peradaban
Kita bisa mengetahui perkembangan teknologi dan peradaban serta mengetahui proses bagaimana peradaban berkembang. Misalnya kita bisa mengetahui bagaimana sistem penulisan menyebar ke seluruh dunia dan dampak apa yang terjadi pada penyebaran sistem penulisan ini, seperti memungkinkan terbentuknya negara yang kompleks karena adanya birokrasi yang didukung oleh sistem tulis menulis.

d. Mempelajari kesalahan orang masa lalu agar tidak terulang lagi.
Manfaat terbesar belajar sejarah adalah untuk tidak mengulangi kesalahan orang dimasa lalu. Contohnya adalah kerusakan alam yang dilakukan oleh penghuni Pulau Paskah atau Rapa Nui. Demi membangun patung raksasa Moai, penduduk Pulau Paskah menebang habis pepohonan di pulau itu, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang berakibat kelaparan dan terisolasinya Pulau Paskah akibat tidak ada bahan untuk membuat perahu. Bila kita mengetahui sejarah ini, diharapkan kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Menurut pendapat saya bias sejarah terdapat karena terdapat berbagai faktor misalnya beragam sumber sejarah, kondisi politik dan kondisi sosial­ budaya suatu masyarakat. Bias sejarah adalah hal yang sulit dihindari dalam penulisan sejarah. Biasanya terjadi pada peristiwa sejarah yang dianggap kontroversial sehingga terdapat beragam versi bagaimana sejarawan menafsirkan sejarah.