Soal dan Jawaban materi Perburuan “Mutiara dari Timur” dan Perebutan Hegemoni – Sejarah Indonesia XI SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Sejarah Indonesia XI SMA/SMK materi Perburuan “Mutiara dari Timur” dan Perebutan Hegemoni lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Nusantara!
  2. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut!
  3. Pada abad ke-16 mengapa Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa?
  4. Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku Portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi.
  5. Buat suatu telaah kritis, mengapa waktu itu bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing?

Kunci Jawaban

1. Bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Nusantara adalah adanya perjanjian Zaragoza di tahun 1529 antara Spanyol dan Portugal yang menentukan penguasa di nusantara setelah keduanya bertikai di Maluku. Selain itu, datangnya Portugal di Maluku tahun 1513 yang juga membawa misi penyebaran agama kristen membuat agama tersebut berkembang disana hingga sekarang.

2. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Konstantinopel yang sebelumnya menjadi pintu masuk akses barang-barang dari asia ke eropa ditutup setelah turki Usmani berkuasa. Hal inilah yang mendorong eksplorasi ke berbagai wilayah dunia untuk mendapatkan barang-barang dari asia tersebut. Selain itu, juga muncul kota pelabuhan baru di eropa seperti Marseille, Venesia, Barcelona dan Rotterdam.

3. Pada abad ke-16 Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa karena Portugal berhasil mendapatkan hasil rempah-rempah terbaik dari eksplorasi ke berbagai wilayah dunia, termasuk, Brasil, Mozambik, Malaka dan Maluku yang kaya rempah-rempah, mengeksploitasi hasil alamnya dan memonopoli perdagangannya.

4. Penilaian dan perasaan saya mengetahui perilaku Portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi adalah sebagai berikut:

Tindakan Portugal yang memasang padrao yang menandakan wilayah kekuasaannya tentunya merupakan suatu kebijakan yang semena-mena, tindakan mereka semakin sewenang-wenang kepada rakyat Maluku terutama setelah perjanjian Zaragoza tahun 1529 yang memungkinkan mereka untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah. Hal tersebut tentunya menyakitkan rakyat jelata yang menjadi korbannya karena terutama rakyat Maluku harus menjual hasil alamnya kepada Portugal yang membeli dengan harga murah.

5. Bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing. Waktu itu sekitar abad 14, 15 hingga 18, Indonesia masih terbagi oleh sejumlah kerajaan yang menguasai masing-masing wilayah di nusantara. Ada yang bersekutu tetapi juga ada yang saling bersaing/bertikai. Karena belum adanya persatuan yang nyata seperti setelah kemerdekaan, ditambah wilayah kepulauan yang sulit dijangkau antara satu dan yang lain membuat kerajaan-kerajaan di nusantara tersebut bisa diadu domba, diambil keuntungan / diajak kerjasama tanpa ada satu kesamaan visi yang terkontrol itulah bangsa asing mudah menguasai nusantara.