Soal dan Jawaban materi Kedatangan Jepang ke Indonesia - Sejarah Indonesia XI SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Sejarah Indonesia XI SMA/SMK materi Kedatangan Jepang ke Indonesia lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah Indonesia!
  2. Mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang?
  3. Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan: Sumatra, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur?
  4. Mengapa pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia Raya mulai dilarang?
  5. Pelajaran apa yang kamu peroleh setelah mempelajari sejarah kedatangan dan awal pemerintahan Jepang di Indonesia?
  6. Buatlah peta jalur gerakan masuknya tentara Jepang dari Asia Tenggara kemudian memasuki Kepulauan Indonesia! Kamu dapat mempelajari buku- buku sejarah yang ada di perpustakaan sekolah.

Kunci Jawaban

1. Kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah Indonesia, karena sejak Jepang berkembang menjadi negara industri dan tampil sebagai imperialis, Jepang mulai membutuhkan daerah-daerah baru. Keinginan Jepang untuk menguasai Indonesia karena Indonesia kaya akan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan industri Jepang. Pada ajaran di Jepang menyebutkan bahwa sebagai negara maju bertanggung jawab memajukan dan mempersatukan bangsa-bangsa di dunia. Ajaran tersebut menerangkan bahwa Jepang dan Indonesia serumpun.

2. Pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang, karena menganggap Jepang sebagai saudara tua yang akan membantu Indonesia lebih maju. Jepang juga memberikan propaganda-propaganda yang menggerakkan dukungan rakyat Indonesia dan memberikan simpati rakyat dengan perilaku Jepang yang membenci Belanda dan berkembangnya kepercayaan tentang Ramalan Jayabaya. Saat itu Rakyat Indonesia belum mengetahui maksud sesungguhnya kedatangan Jepang ke Indonesia adalah untuk menguasai Indonesia yang akan kaya sumber daya alam. 

3. Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan: Sumatra, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur, karena pada pertengahan tahun 1942 timbul pemikiran dari Markas Besar Tentara Jepang agar penduduk dilibatkan dalam aktivitas pertahanan dan kemiliteran (termasuk semi militer) dengan tujuan melindungi kawasan yang telah diduduki oleh Jepang.

Pembentukan tersebut juga dengan tujuan sebagai pusat pemerintahannya dan memperkuat wilayah pemerintahannya.

4. Pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia Raya mulai dilarang, karena Jepang ingin semakin memperkuat dampak pemerintahannya terhadap Rakyat Indonesia dan juga untuk menghapus pengaruh Belanda pada Indonesia. Selain itu, Jepang khawatir lagu kebangsaan akan menumbuhkan rasa nasionalisme pada rakyat Indonesia dan akan memberontak terhadap pendudukan Jepang.

5. Pelajaran yang saya peroleh setelah mempelajari sejarah kedatangan dan awal pemerintahan Jepang di Indonesia yaitu bagaimana pola bangsa kita dahulu, sehingga dapat dengan mudahnya bangsa lain memanipulasi penampilan hingga leluhur kita dahulu dapat tertipu oleh bujuk rayu mereka. Namun di samping itu ada hikmah yang dapat kita pelajari misalnya ilmu pemerintahan dari Jepang . Oleh karena itu kita sebagai murid atau siswa mulai saat ini , nanti dan lusa harus tetap bangga dan mengharumkan nama bangsa Indonesia kita tercinta.

6. Peta jalur gerakan masuknya tentara Jepang dari Asia Tenggara kemudian memasuki Kepulauan Indonesia.

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa Jepang masuk ke Indonesia melalui tiga jalur. Jalur pertama, jalur Barat melalui Heinan berlabuh di Pontianak dan sekitarnya. Jalur kedua adalah jalur Timur dari pulau Jepang melakukan invansi ke Manado, Makasar, Kendari, dan sekitarnya. Serta jalur ketiga yakni jalur tengah yang berlabuh di Tarakan, Balikpapan, hingga Banjarmasin.