Soal dan Jawaban materi Kelompok Sosial Di Masyarakat - Sosiologi XI SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA materi Kelompok Sosial Di Masyarakat lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Salah satu fungsi kelompok sosial adalah dapat membantu individu dalam mengembangkan komunikasi, jelaskan pernyataan tersebut!
  2. Sebutkan dan jelaskan 2 kriteria hubungan antar kelompok yang ananda pahami!
  3. Jelaskan pola hubungan dalam kelompok sosial yang ananda ketahui (minimal 2).

Kunci Jawaban

1. Salah satu fungsi kelompok sosial adalah dapat membantu individu dalam mengembangkan komunikasi, setiap kelompok sosial mempunyai kegiatan-kegiatan dalam mencapai tujuan kelompok dan didalamnya ada interaksi antar anggotanya dan secara tidak langsung mendorong setiap anggota untuk berkomunikasi dalam rangka mencapai tujuan suatu kelompok tersebut.

2. Kriteria hubungan antar kelompok adalah sebagai berikut:
  • Kriteria fisiologis. Kriteria ini didasarkan pada persamaan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), usia ( tua-muda-anak), dan ras (kulit hitam/negro, melayu dll)
  • Kriteria kebudayaan. Kriteria ini mencakup kelompok yang diikat oleh persamaan kebudayaan dan kepercayaan termasuk didalamnya kesamaan agama. Misalnya etnik (batak, jawa,sunda, minang, ambon), agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu).
  • Kriteria ekonomi. Kriterian ini dibedakan antara mereka yang memiliki kekuasaaan ekonomi dan yang tidak memiliki kekuasaan ekonomi.
  • Kriteria perilaku. Kriteria ini didasarkan pada kekurangan fisik (difabel), mental, dan penyimpangan terhadap aturan masyarakat (pelanggar aturan hukum).
3 Pola hubungan dalam kelompok sosial, antara lain:
  • Akulturasi terjadi ketika dua kelompok atau lebih yang bertemu mengadakan komunikasi dan interaksi berbaur dan berpadu. Dalam hubungan tersebut terbentuklah suatu aktifitas dan perilaku sosial yang diakui bersama menjadi suatu kebudayaan.
  • Dominasi terjadi bila suatu kelompok menguasai kelompok lainnya.
  • Peternalisme yaitu suatu bentuk dominasi kelompok ras pendatang atas kelompok ras pribumi.
  • Integrasi Suatu pola hubungan tergabungnya suatu kelompok tertentu ke kelompok lain tanpa melihat perbedaan-perbedaan yang ada. Terdapat hak dan kewajiban yang sama pada masing masing kelompok.
  • Pluralisme adalah pola hubungan yang mengakui adanya persamaan hak setiap kelompok. Atau masyarakat majemuk yaitu suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai macam kelompok membaur menjadi satu kesatuan.

Komentar