Soal dan Jawaban materi Strategi Promosi Produk Kerajinan

Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) kelas XI SMA materi Strategi Promosi Produk Kerajinan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan strategi promosi?
  2. Sebutkan manfaat promosi dalam bidang usaha kerajinan?
  3. Mengomunikasikan produk kerajinan perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi sebutkan 4 komponen utama strategi promosi ?
  4. Jelaskan yang kamu ketahui tentang tahapan proses perancangan strategi promosi
  5. Sebutkan media-media yang bisa anda gunakan untuk promosi ?
  6. Jelaskan kenapa tujuan promosi menjadi penting dalam menjalankan strategi promosi!

Kunci Jawaban

1. Strategi promosi adalah Kegiatan yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.

Strategi promosi dilakukan agar produk yang di pasarkan dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen

2. Manfaat promosi dalam bidang usaha kerajinan antara lain:
  • Membantu perusahaan anda untuk memperkenalkan produk dengan mudah di pasar yang kompetitif
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Identifikasi segmen.
  • Meningkatkan lalu lintas pelanggan.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Meningkatkan reputasi positif brand.
Promosi memerlukan alat yang mudah digunakan oleh produsen agar produsen dapat dengan mudah pula memberikan informasi kepada pelanggan atau konsumen.

3. Komponen utama strategi promosi yaitu Periklanan,promosi penjualan, publisitas, dan penjualan tatap muka. Publisitas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian orang banyak dan meningkatkan kesadaran seseorang terkait layanan dan produk suatu brand demi mendapatkan pelanggan potensial.

4. Tahapan proses perancangan strategi promosi:
  • Mulailah dengan yang kecil
  • Manfaatkanlah teknologi internet dan media sosial
Kenalkan produk kerajinan tersebut kepada guru-guru, teman-teman dekat, teman sekolah, tetangga disekitar rumah, atau teman bermain. Berilah salah satu produk agar mereka bisa menggunakan produk tersebut supaya mereka tertarik membeli. Jika produk tersebut mulai bisa diterima dan banyak penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di koperasi sekolah,warung, dan toko. Kemudian pergunakanlah media seperti facebook dan twitter sebagai sarana penjualan lain, perbanyaklah teman dan followers, untuk memperluas pemasaran. Bisa juga dengan membuat blog gratis atau website yang berbayar dengan relatif terjangkau harganya.

5. Media adalah alat yang digunakan untuk memberi tahu konsumen mengenai produk tersebut. Media untuk promosi, yaitu: Media online dan offline.

6. Promosi menjadi penting dalam menjalankan strategi promosi dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen agar tertarik terhadap produk yang akan dijual. Berikut adalah Faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika menjalankan strategi promosi:
  • Siapa audiens target promosi yang akan anda bidik
  • Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan promosi
  • Pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon pembeli d.Strategi promosi apa yang harus diadopsi