Contoh Ucapan Turut Berduka Cita semua Agama Singkat dan Padat

Ketika ada keluarga kita meninggal, pastinya kita akan merasa sedih. Begitu juga dengan orang lain, ketika ada anggota keluarganya meninggal pasti keluarga yang ditinggal juga merasa sedih.

Disaat ada orang sedang berduka karena ada anggota keluarganya yang meninggal pastinya akan mendapat ucapan berbelasungkawa atau ucapan turut berduka cita dari orang-orang sekitar seperti dari tetangga, keluarga, teman atau dari rekan kerja.

Memberikan ucapan duka penting dilakukan sebagai kewajiban sosial sesama teman, tetangga, keluarga dan rekan kerja.

Bagi anda yang saat ini sedang memikirkan apa kata-kata dan ucapan duka cita yang baik dan yang menyentuh berikut akan saya berikan kepada Anda contoh ucapan duka cita dari berbagai agama mulai dari yang singkat, sederhana dan yang panjang.

Ungkapan ucapan turut berduka ini bisa anda kirim dalam bentuk karangan bunga, pesan singkat, media sosial, atau dapat disampaikan langsung kepada orang yang sedang berduka.

Berikut adalah contoh ucapan duka cita agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Khonghucu.

UCAPAN TURUT BERDUKA CITA AGAMA ISLAM

1. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak/Ibu Budi. Semoga Almarhum/Almarhumah diampuni segala dosa dan kesalahan selama hidupnya. Semoga segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan.

2. Saya beserta keluarga menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak/Ibu Budi. Semoga Allah SWT memberikan ketabahan dan kesabaran. Hanya doa yang bisa kami panjatkan, semoga Almarhum diampuni segala dosa-dosanya dan di tempatkan di Surganya Allah SWT.

3. Turut duka cita yang mendalam atas meninggalnya ahayanda/ibunda, semoga beliau tenang di Surga sana. Aamin ya rabbal alamin.

4. Turut berduka cita atas meninggalnya ahayanda/ibunda. Semoga duka ini cepat berlalu.


UCAPAN DUKA CITA AGAMA KRISTEN

1. RIP
RIP adalah singkatan dari Rest in peace, yang artinya Istirahat dalam damai.

Di media sosial Facebook, jika ada teman yang mengunggah status ada orang yang meninggal dunia, biasanya teman facebooknya mengomentarinya dengan ucapan RIP.

2. Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak/Ibu Budi. Semoga Tuhan menempatkannya di surga.

3. Turut berduka cita ya Kak.. semoga cepat terhibur.

4. Turut berduka cita atas berpulangnya (nama mendiang) ke Bapa di surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan.

5. Turut berduka cita. Tuhan memberkati kepergian Ibunda dan memberkati keluarga yang ditinggal.

6. Saya dan sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Budi. Semoga mendiang mendapatkan tempat terindah di surga Bapa.


UCAPAN TURUT BERDUKA CITA AGAMA KATOLIK

1. Turut berduka cita ya Resty, Semoga Bapak beristirahat dalam damai Tuhan dan Resty beserta keluarga diberikan kekuatan dan keikhlasan.

2. Saya dan sekeluarga Turut berduka cita. Sabarlah dalam kesesakan dan bertekun dalam doa. Tenanglah sebab Ibunda tercinta telah tidur dalam pelukan kasihNya.

3. Turut berduka atas dipanggil pulangnya Bapak  Budi. Kiranya Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan sejati.

4. Selamat jalan Bapa Tua. Tuhan begitu mencintai mu. Pulanglah dengan damai. Kelak, kita semua akan bertemu kembali di surga-Nya yang indah.

5. Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Budi. Semoga ia tenang di alam sana.


UCAPAN DUKA AGAMA BUDHA

1. sabbe sankhara anicca, yang artinya menggambarkan bahwa segala yang berkondisi tidaklah abadi.

2. Sabbe sankhara anicca. Semoga kamu terlahir kembali dengan bentuk yang kamu inginkan.

3. Sabbe sankhara anicca. Beliau kini menempuh karmanya. Semoga ia dapat ke surga atau terlahir kembali dalam wujud yang baik.

4. Turut berduka pada Bapak Budi yang meninggal pada hari kamis, 10 Juli 2021. Semoga kebaikannya diterima oleh Tian Yang Maha Esa.

5. Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya beliau. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat tabah melanjutkan hidup. Beliau tentu ingin yang terbaik bagi kalian semua.

6. Atas nama keluarga besar Sekolah SMK Negeri 56 Tarutung, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Budi. Ia kini pulang ke haribaan kebajikan Tian. Semoga segenap keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran.

7. Tian Yang Maha Esa, terimalah saudara kami (Bapak Budi) di sisi-Mu. Ampuni dosa-dosanya selama ini di bumi.


UCAPAN DUKA CITA AGAMA HINDU

1. Om Swastiastu. Turut berdukacita atas berpulangnya Bapak Budi. Dumogi Amor Ring Acintya.

2. Turut berdukacita atas meninggalnya Bapak Budi. Semoga amoring acintya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan.

3. Om Sang Hyang Widhy Wasa Yang Maha Kuasa, semoga arwah yang meninggal mendapat sorga, manunggal denganMu, mencapai keheningan tanpa derita. Ya Sang Hyang Widhy Wasa, ampunilah segala dosanya, semoga Ia mencapai kesempurnaan atas kekuasaan dan pengetahuan serta pengampunanMu.

4. Om Swastiastu. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Budi. Semoga dilancarkan jalannya. Semoga keluarga diberikan Keihklasan. Swaha.

5. Om swastyastu, kami Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Budi. Semoga atman beliau menyatu dengan brahman dan mencapai kebahagiaan sejati, berbahagia bersama para dan leluhur serta keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.


UCAPAN DUKA CITA AGAMA KHONGHUCU

“Wū hū āi zāi !” (ū hū, āi cāi 嗚呼哀哉). Sungguh menyedihkan!’ rasa prihatin atau rasa duka yang mendalam.”

UCAPAN TURUT BERDUKA CITA UMUM

Atas nama pribadi dan segenap civitas akademika Universitas Negeri Tarutung, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Budi. Semoga beliau diterima disisi-Nya serta keluarga yang ditinggal diberi kekuatan dan ketabahan.

UCAPAN TURUT BERDUKA CITA DALAM BAHASA BATAK

1. Selamat jalan ma di ho Tulang. Nunga malum sahit mi. Sonang ma ho di surgo hasonangan i.

2. Dohot marhabot ni roha. Sabar ya Inang. Sai di lehon Tuhan ma gogo diho inang.

Demikianlah contoh ucapan turut berduka cita dalam semua agama. Jika teman anda saat ini sedang berduka karena ada anggota keluarganya meninggal dunia, silahkan kirim atau sampaikan ucapan duka cita mu. ini menunjukkan padanya bahwa kamu itu juga turut bersedih dan berduka. Memberi ucapan duka ini juga dapat menghibur teman yang sedang bersedih.