40 Soal Essay Bab 5 Perkembangan Peradaban Islam di Dunia - PAI Kelas 12 SMA/SMK


Berikut adalah 40 contoh soal Essay Bab 5 Perkembangan Peradaban Islam di Dunia mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 12 SMA/SMK beserta jawabannya materi:
A. Peradaban Islam di Benua Asia
B. Peradaban Islam di Benua Eropa
C. Peradaban Islam di Benua Afrika
D. Peradaban Islam di Benua Australia dan Pasifik
E. Peradaban Islam di Benua Amerika

A. Peradaban Islam di Benua Asia

Soal 1:
Jelaskan secara singkat sejarah lahirnya agama Islam dan di mana kota suci pertama kali muncul.

Jawaban 1:
Agama Islam lahir pada abad ke-7 M di kota suci Mekah, Arab Saudi, yang merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Soal 2:
Sebutkan beberapa negara di Asia yang mayoritas penduduknya beragama Islam berdasarkan data tahun 1990.

Jawaban 2:
Beberapa negara di Asia yang mayoritas penduduknya beragama Islam pada tahun 1990 antara lain Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Pakistan, Bangladesh, Uighur China, Turmenistan, Azerbaijan, Kirghistan, Tadzikistan, Uzbekistan, Iran, Irak, Kuwait, Qatar, Suriah, Turki, Yaman, Oman, dan Palestina.

Soal 3:
Apa yang Anda ketahui tentang peran Muhammad Iqbal dalam perkembangan pemikiran Islam?

Jawaban 3:
Muhammad Iqbal adalah seorang pemikir Muslim terkemuka yang berperan penting dalam memahami dan menginspirasi gerakan kemerdekaan Pakistan. Dia juga mempromosikan pemikiran filsafat Islam modern.

Soal 4:
Siapa Abu A’lã al Maududi, dan bagaimana orientasi pemikiran dan kontribusinya dalam Islam?

Jawaban 4:
Abu A’lã al Maududi adalah seorang tokoh pemikir Islam yang cenderung ortodoks dan tradisional. Kontribusinya terletak pada penulisan dan penyampaian pemikiran Islam ortodoks yang memengaruhi banyak orang di seluruh dunia Muslim.

Soal 5:
Apa yang dapat Anda sebutkan tentang M. M. Syarif dan karyanya yang terkait dengan filsafat Islam?

Jawaban 5:
M. M. Syarif adalah pendiri Pakistan Philosophical Congress dan editor buku "History of Muslim Philosophy," yang merupakan salah satu buku terbaik untuk memahami sejarah filsafat Islam.

Soal 6:
Siapa C.A. Qadir, dan apa bukunya yang terkenal dalam ilmu pengetahuan Islam?

Jawaban 6:
C.A. Qadir adalah salah satu pendiri Pakistan Philosophical Congress dan penulis buku "Philosophy and Science in the Islamic World," yang memberikan wawasan tentang hubungan antara filsafat dan sains dalam dunia Islam.

Soal 7:
Mengapa Dr. Abdus Salam dikenal secara internasional, dan dalam bidang apa dia menerima penghargaan Nobel?

Jawaban 7:
Dr. Abdus Salam dikenal karena menerima Penghargaan Nobel dalam bidang Fisika pada tahun 1979. Dia diakui atas kontribusinya dalam memahami fenomena partikel subatom dan interaksi elektromagnetik.

Soal 8:
Apa yang dapat Anda sebutkan tentang Fazlur Rahman dan peranannya dalam ilmu agama Islam di Amerika Serikat?

Jawaban 8:
Fazlur Rahman adalah seorang guru besar ilmu agama Islam di Universitas Chicago, Amerika Serikat, yang berkontribusi dalam memahami Islam modern dan mendorong pemikiran intelektual Muslim di dunia Barat.

Soal 9:
Bagaimana budaya keilmuan di Pakistan telah melahirkan sejumlah ilmuwan Muslim yang berpengaruh?

Jawaban 9:
Budaya keilmuan di Pakistan telah melahirkan sejumlah ilmuwan Muslim yang berpengaruh, seperti Muhammad Iqbal, Abu A’lã al Maududi, M. M. Syarif, C.A. Qadir, Dr. Abdus Salam, dan Fazlur Rahman, yang telah berkontribusi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, filsafat, dan agama Islam.

B. Peradaban Islam di Benua Eropa

Soal 1:
Jelaskan empat periode sejarah di mana Islam memasuki benua Eropa.

Jawaban 1:
Islam memasuki benua Eropa melalui empat periode sejarah: (1) Masa kekhalifahan Islam di Spanyol (Andalusia), (2) Masa penyebaran tentara Monggol pada abad ke-13, (3) Masa ekspansi kekhalifahan Turki Usmani ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah pada abad ke-14 dan ke-15, dan (4) Masa kaum imigran Muslim setelah Perang Dunia II.

Soal 2:
Bagaimana akhir dari kekhalifahan Islam di Spanyol dan apa yang terjadi pada umat Islam setelah itu?

Jawaban 2:
Kekhalifahan Islam di Spanyol berakhir pada tahun 1492 setelah penguasa Kristen memaksa khalifah terakhir untuk menyerah. Umat Islam Spanyol dihadapkan pada tiga pilihan: masuk Kristen, keluar dari Spanyol, atau dibunuh. Banyak yang meninggalkan Spanyol dan pindah ke Benua Afrika atau Amerika.

Soal 3:
Apa yang Anda ketahui tentang Muslim di Perancis, termasuk jumlah mereka dan negara asal mereka?

Jawaban 3:
Di Perancis, jumlah penduduk Muslim mencapai sekitar 7% dari total penduduk. Mereka berasal dari berbagai negara, termasuk Aljazair, Maroko, Tunisia, Afrika Sub-Sahara, wilayah Laut Hitam, Timur Tengah, dan Asia Tengah seperti Turki, Iran, Afganistan, dan Pakistan.

Soal 4:
Apa saja hak dan izin yang diberikan kepada Muslim oleh pemerintah Spanyol pada tahun 1992?

Jawaban 4:
Pada tahun 1992, pemerintah Spanyol memberikan beberapa hak dan izin kepada Muslim, termasuk izin untuk memberikan pengajaran agama di sekolah, izin membangun sekolah Islam, izin melaksanakan ibadah di angkatan bersenjata, rumah sakit, dan penjara, keringanan pajak, serta fasilitas untuk merayakan hari raya keagamaan dan makanan halal.

Soal 5:
Apa yang dapat Anda sebutkan tentang koordinasi organisasi Muslim di Perancis dan beberapa organisasi yang aktif di sana?

Jawaban 5:
Beberapa tahun terakhir, upaya dilakukan untuk mengkoordinasi organisasi Muslim di Perancis. Ini ditandai dengan pendirian Federation Nationale des Musulmans de France (FNMF), Union des Organisation Islamiques de France (UDIF), dan Conceil Relegieux de Islam en France (CORIF). Organisasi-organisasi Muslim aktif di Perancis termasuk Jama’ah At-Tablig Wa ad Dakwah, Foiet Pratique, Generation Egalite, France Plus, dan Generation Beur.

Soal 6:
Apa saja tanda-tanda keberadaan kaum Muslim di Perancis yang dapat dilihat dalam budaya dan kehidupan sehari-hari?

Jawaban 6:
Tanda-tanda keberadaan kaum Muslim di Perancis termasuk banyaknya masjid yang didirikan, wanita yang mengenakan jilbab di jalan-jalan, kegiatan pameran buku Islam, toko-toko yang menyediakan makanan halal, dan perkembangan beberapa kelompok tarekat seperti Tarekat Qadiriah, Tarekat Tijaniah, Tarekat Naqsyabandiyah, dan Tarekat Bektasyi.

Soal 7:
Selain di Spanyol dan Perancis, negara-negara mana di Eropa yang juga memiliki populasi Muslim yang signifikan?

Jawaban 7:
Selain di Spanyol dan Perancis, negara-negara di Eropa yang juga memiliki populasi Muslim yang signifikan termasuk Inggris, Jerman, Belanda, Belgia, Swedia, Denmark, Norwegia, Swiss, Austria, dan Italia.

Soal 8:
Apa yang Anda ketahui tentang sejarah kekhalifahan Islam di Spanyol (Andalusia) selama ± 8 abad?

Jawaban 8:
Kekhalifahan Islam di Spanyol (Andalusia) berlangsung selama sekitar 8 abad. Khalifah terakhir dari dinasti Bani Umayyah II, Abu Abdillah, menyerah pada tahun 1492 setelah tekanan dari penguasa Kristen. Setelah itu, umat Islam di Spanyol dihadapkan pada tiga pilihan: masuk Kristen, keluar dari Spanyol, atau dibunuh.

Soal 9:
Bagaimana umat Islam bermukim di Spanyol saat ini, dan dari mana asal mereka?

Jawaban 9:
Umat Islam yang bermukim di Spanyol saat ini terdiri dari keturunan yang terusir pada peristiwa Reqonquista, kaum imigran pencari kerja yang tinggal sementara, dan kaum imigran yang menetap. Mereka berasal dari berbagai negara seperti Maroko, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Soal 10:
Apa yang Anda ketahui tentang masa ekspansi kekhalifahan Turki Usmani ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah pada abad ke-14 dan ke-15?

Jawaban 10:
Pada abad ke-14 dan ke-15, kekhalifahan Turki Usmani mengalami ekspansi ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah. Akibatnya, terdapat kaum Muslim keturunan Turki di negara-negara seperti Yugoslavia, Rumania, Yunani, Bosnia Herzegovina, dan Albania. Di Albania, umat Islam merupakan penduduk mayoritas.

C. Peradaban Islam di Benua Afrika

Soal 1:
Jelaskan peristiwa hijrah pertama umat Islam ke Ethiopia (Habsyah) selama masa kenabian Rasulullah SAW.

Jawaban 1:
Pada tahun ke-5 kenabian Rasulullah SAW, beliau memerintahkan beberapa sahabatnya, 15 orang (11 laki-laki dan 4 wanita), untuk berhijrah ke Ethiopia (Habsyah) guna menghindari penyiksaan dan menyelamatkan diri dari kaum Quraisy serta untuk menyebarkan agama Islam.

Soal 2:
Bagaimana Islam menyebar di Benua Afrika selama abad ke-7 dan ke-8?

Jawaban 2:
Selama abad ke-7 dan ke-8, Islam menyebar di Benua Afrika, khususnya di Afrika Utara, melalui proses Islamisasi dan Arabisasi. Penyebaran ini terjadi dalam konteks persaingan antara Islam, Kristen, dan westernisasi sekuler.

Soal 3:
Apa peranan Mesir dalam kemajuan umat Islam di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan?

Jawaban 3:
Mesir memiliki peran penting dalam kemajuan umat Islam di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan. Ini ditandai dengan didirikannya berbagai perguruan tinggi, termasuk Universitas Al-Azhär di Kairo, yang telah berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam.

Soal 4:
Bagaimana perkembangan Islam di Aljazair, dan apa yang ditandai dengan masa kebangkitan Islam di negara tersebut?

Jawaban 4:
Aljazair, terletak di Afrika Utara, memiliki sejarah Islam yang panjang. Pada tahun 1830, Aljazair diduduki oleh Perancis, namun memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1962. Masa kebangkitan Islam di Aljazair dicirikan oleh kegiatan generasi muda yang melakukan kajian Islam, pengembangan ekonomi, pendirian sekolah Al-Qur'an, dan upaya pembangunan kualitas keIslaman.

Soal 5:
Bagaimana perkembangan Islam di Tunisia, dan apa peranan lembaga pendidikan seperti Jam’iyah Zaitunah dalam sejarah Tunisia?

Jawaban 5:
Tunisia, juga terletak di Afrika Utara, memiliki mayoritas penduduk yang beragama Islam. Islam masuk ke Tunisia pada tahun 670 M. Lembaga pendidikan seperti Jam’iyah Zaitunah memainkan peran penting dalam sejarah Tunisia dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kader-kader ulama untuk menjadi ulama besar.

Soal 6:
Apa yang dapat Anda katakan tentang perkembangan Islam di Ethiopia selama masa kenabian?

Jawaban 6:
Selama masa kenabian, Ethiopia (Habsyah) menjadi tempat perlindungan bagi umat Islam yang menghadapi penyiksaan di Mekah. Peristiwa hijrah pertama ke Ethiopia menunjukkan usaha awal untuk menyebarkan agama Islam di luar Arab.

Soal 7:
Bagaimana Islam tiba di Mesir, dan apa yang terjadi selanjutnya dalam sejarah Islam di negara tersebut?

Jawaban 7:
Islam tiba di Mesir pada masa kenabian, ketika sahabat Hatib bin Abi Balta’ah dikirim untuk menyampaikan surat dakwah kepada Muqauqis, penguasa Mesir. Kemudian, Mesir menjadi pusat penting bagi perkembangan Islam, dengan pendirian berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan Islam.

Soal 8:
Apa yang Anda ketahui tentang penyebaran Islam di Afrika Utara dan peran persaingan antara Islam, Kristen, dan westernisasi sekuler?

Jawaban 8:
Islam menyebar di Afrika Utara melalui proses Islamisasi dan Arabisasi. Penyebaran ini tidak terlepas dari persaingan antara Islam, Kristen, dan westernisasi sekuler dalam memengaruhi masyarakat di wilayah tersebut.

Soal 9:
Bagaimana peranan Kementerian Agama di Aljazair dalam pengembangan studi Islam dan ideologi Islam?

Jawaban 9:
Kementerian Agama di Aljazair memiliki peran penting dalam pengembangan studi Islam dan ideologi Islam. Mereka mengadakan seminar dan kegiatan lainnya untuk mengembangkan pemikiran Islam dan tradisi Islam di negara tersebut.

Soal 10:
Apa yang ditandai dengan masa kebangkitan Islam di Aljazair, dan apa upaya yang dilakukan dalam mengembangkan keIslaman di negara itu?

Jawaban 10:
Masa kebangkitan Islam di Aljazair ditandai oleh kegiatan generasi muda yang melakukan kajian Islam, pengembangan ekonomi yang terintegrasi secara sosial, dan pembangunan kualitas keIslaman. Selain itu, pembangunan sekolah Al-Qur'an juga merupakan upaya dalam mengembangkan keIslaman di Aljazair.

D. Peradaban Islam di Benua Australia dan Pasifik

Soal 1:
Bagaimana Islam masuk ke wilayah Australia dan Pasifik, dan dari mana asal imigran Muslim yang membawa agama Islam ke wilayah tersebut?

Jawaban 1:
Islam masuk ke wilayah Australia dan Pasifik melalui imigran Muslim yang berasal dari Turki, Mesir, negara-negara Timur Tengah, daerah Balkan, Pakistan, India, dan Indonesia setelah perang dunia I dan II. Mereka membawa agama Islam ke wilayah tersebut saat mereka berimigrasi.

Soal 2:
Bagaimana penyebaran umat Islam di Australia, dan apakah ada organisasi yang mengkoordinasikan aktivitas Islam di sana?

Jawaban 2:
Umat Islam di Australia tersebar di berbagai negara bagian, seperti Canberra, Victoria, Australia Barat, Kepulauan Christmas, Queensland, Australia Selatan, Northern Territory, dan Tasmania. Ada organisasi tingkat nasional bernama Australian Federation of Islamic Council (AFIC) yang mengkoordinasikan aktivitas Islam di seluruh wilayah Australia. AFIC memiliki Islamic Council di setiap negara bagian untuk mengurus berbagai kegiatan Islam.

Soal 3:
Apa peran Australian Federation of Islamic Council (AFIC) dalam memajukan Islam di Australia, dan apa saja kegiatan yang mereka lakukan?

Jawaban 3:
AFIC memiliki peran penting dalam memajukan Islam di Australia. Mereka melakukan berbagai kegiatan seperti pembentukan Islamic Council di setiap negara bagian, penyelenggaraan pernikahan secara Islam di masjid atau Islamic Center, kerjasama dengan pemerintah dalam penyembelihan hewan halal yang diekspor, dan memperjuangkan pengakuan hukum Islam yang berkaitan dengan keluarga, perkawinan, perceraian, kuburan Islam, hari libur, dan hari-hari besar Islam oleh pemerintah.

Soal 4:
Bagaimana kebebasan beragama dan toleransi antar umat beragama di Australia?

Jawaban 4:
Di negara federal Australia, kebebasan beragama dijamin oleh undang-undang, dan toleransi antar umat beragama cukup tinggi. Hal ini mencerminkan lingkungan yang mendukung praktik beragama yang beraneka ragam dan kerukunan antarumat beragama di Australia.

Soal 5:
Apakah terdapat organisasi mahasiswa Islam yang aktif di Australia, dan apa peran mereka dalam melakukan dakwah di perguruan tinggi?

Jawaban 5:
Ya, terdapat organisasi mahasiswa Islam yang aktif di Australia yang dikenal sebagai Australian Students Organization. Peran mereka adalah melakukan dakwah di berbagai perguruan tinggi, membantu menyebarkan pemahaman tentang Islam, dan memberikan dukungan kepada mahasiswa Muslim di Australia.

E. Peradaban Islam di Benua Amerika

Soal 1:
Bagaimana Islam pertama kali mungkin masuk ke Benua Amerika, dan siapa yang diduga membawa Islam ke wilayah tersebut sebelum kedatangan Christoper Columbus?

Jawaban 1:
Islam pertama kali mungkin masuk ke Benua Amerika melalui sejumlah kaum Muslimin dari Spanyol (Andalusia) yang ikut dalam pelayaran para pelaut Spanyol dan Portugal dalam pengembaraan mereka menemukan Benua Amerika. Tugas utama kaum Muslimin Spanyol itu adalah sebagai pemberi arah pelayaran kapal.

Soal 2:
Apa yang terjadi pada sebagian besar kaum Muslim generasi awal di Benua Amerika, dan mengapa mereka mengalami nasib tersebut?

Jawaban 2:
Sebagian besar kaum Muslim generasi awal di Benua Amerika mengalami pemaksaan agama atau asimilasi di benua baru tersebut, yang mengakibatkan banyak dari mereka murtad dari Islam.

Soal 3:
Apa yang dapat Anda katakan tentang Australian Federation of Islamic Council (AFIC) dan perannya dalam memajukan Islam di Australia?

Jawaban 3:
Australian Federation of Islamic Council (AFIC) adalah organisasi tingkat nasional di Australia yang mengkoordinasikan aktivitas Islam di seluruh wilayah Australia. Peran AFIC termasuk mengurus berbagai kegiatan Islam, penyelenggaraan pernikahan Islam, kerjasama dengan pemerintah dalam penyembelihan hewan halal, dan memperjuangkan pengakuan hukum Islam oleh pemerintah.

Soal 4:
Bagaimana perkembangan organisasi Muslim di Amerika Serikat, seperti Muslim Student Association (MSA) dan Islamic Society of North America (ISNA)?

Jawaban 4:
Muslim Student Association (MSA) didirikan pada tahun 1963 M dan berperan dalam memperkenalkan Islam kepada mahasiswa, membentuk organisasi lain seperti International Islamic Federation of Student Organizations (IIFSO), Islamic Medical Association, dan Association of Muslim Social Scientists (AMSS). Pada tahun 1982, MSA mendirikan Islamic Society of North America (ISNA), yang menjadi organisasi Islam terbesar di Amerika Serikat.

Soal 5:
Apa yang Anda ketahui tentang kontribusi umat Islam kulit hitam, seperti Nation of Islam (NOI) dan tokoh-tokoh seperti Malcolm X dan Muhammad Ali, dalam perkembangan Islam di Amerika Serikat?

Jawaban 5:
Umat Islam kulit hitam, termasuk Nation of Islam (NOI), berperan penting dalam perkembangan Islam di Amerika Serikat. Tokoh-tokoh seperti Malcolm X dan Muhammad Ali adalah contoh dari individu yang memainkan peran kunci dalam memperkenalkan Islam kepada masyarakat Amerika Serikat.

Soal 6:
Apa yang menjadi fokus perubahan yang dilakukan oleh Warisuddin Muhammad, penerus Elijah Muhammad dalam kepemimpinan Nation of Islam (NOI)?

Jawaban 6:
Warisuddin Muhammad fokus pada peningkatan dakwah Islam kepada orang-orang berkulit hitam dan seluruh umat manusia, meluruskan ajaran-ajaran yang kurang tepat, memantapkan kalimat syahadat, mendorong partisipasi dalam kehidupan sosial dan politik yang lebih luas, dan mengubah NOI menjadi World Community of Islam in the West (WCI) untuk menjangkau lebih banyak sasaran dakwah.

Soal 7:
Apa peran American Moslem Mission (AMM) dalam perkembangan Islam di Amerika Serikat?

Jawaban 7:
American Moslem Mission (AMM) adalah organisasi Islam yang berfokus pada dakwah dan penyebaran Islam di Amerika Serikat. Mereka berperan dalam mempertahankan dan mengembangkan budaya Islam, serta mengintegrasikan umat Islam Amerika dalam komunitas yang lebih luas.

Comments