Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak

Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:
1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”
2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”
3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.
4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?

A. 3 dan 4
B. 1 dan 2
C. 2 dan 4
D. 2 dan 3
E. 1 dan 4

Jawaban:

D. 2 dan 3.

Penjelasannya:

Dalam upaya memvalidasi tindakan yang salah pada segitiga restitusi, kalimat yang paling tepat untuk digunakan adalah "Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?" dan "Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu."

Kalimat pertama membantu anak untuk introspeksi dan memahami apakah tindakannya selaras dengan nilai-nilai positif. Kalimat ini mendorong anak untuk memikirkan konsekuensi dari tindakannya terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kalimat kedua memberikan penguatan positif kepada anak atas usahanya untuk melindungi sesuatu yang penting baginya. Hal ini membantu anak untuk merasa dihargai dan dipahami, dan mendorong mereka untuk terus melakukan hal yang positif.

Penggunaan kalimat-kalimat ini membantu anak untuk memahami kebutuhan mereka dan menemukan cara yang konstruktif untuk memenuhinya dengan cara yang positif.