Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo UNTAG Samarinda - Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda (UNTAG Samarinda) berdiri kokoh di atas pondasi sejarah panjang. Didirikan pada tanggal 27 September 1963 oleh Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Samarinda, UNTAG Samarinda mengawali perjalanannya sebagai Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan cabang Untag Jakarta. Seiring waktu, UNTAG Samarinda berkembang pesat, menjelma menjadi Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Samarinda yang menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum, Akademi Ilmu Administrasi dan Niaga, dan Sekolah Tinggi Teknologi. Puncaknya, pada tahun 1984, UNTAG Samarinda resmi menyandang status Universitas.

Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Samarinda, didirikan pada tanggal 6 Agustus 1962, menjadi pembina UNTAG Samarinda. Akte pendiriannya dikukuhkan dengan Akte Nomor : 33 tanggal 6 Agustus 1962. Sejak saat itu, Yayasan terus melakukan pembinaan melalui Badan Pelaksana Harian Yayasan (BPH) atau Badan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta (BP-PTS) untuk aspek operasional, dan melalui Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui Koordinator Kopertis wilayah XI Kalimantan untuk aspek akademik.

UNTAG Samarinda tak hanya fokus pada pendidikan akademik, tetapi juga menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka melalui berbagai organisasi kemahasiswaan (Ormawa). Senat Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa di tingkat fakultas menjadi wadah untuk melatih kepemimpinan dan kepedulian terhadap isu-isu sosial. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menawarkan berbagai pilihan kegiatan, mulai dari seni, olahraga, bela diri, kerohanian, hingga penalaran. Fasilitas yang memadai disediakan untuk mendukung kegiatan UKM, seperti peralatan musik, ruang latihan, dan lapangan olahraga.

Beberapa UKM yang aktif di UNTAG Samarinda antara lain:
  • Musik
  • Paduan Suara
  • Wind Orchestra
  • Sepak Bola
  • Futsal
  • Bola Basket
  • Soft Ball
  • Tenis Lapangan
  • Bulu Tangkis
  • Kelompok kajian studi
  • Kelompok studi gerakan

Bagi pecinta alam, UNTAG Samarinda memiliki PATAGA (Pecinta Alam UNTAG Samarinda). Tak hanya itu, mahasiswa UNTAG Samarinda juga aktif berpartisipasi dalam berbagai organisasi kemahasiswaan eksternal kampus, seperti HMI, GMNI, GMKI, PMKRI, PMII, LMND, dan LMNasDem.

UNTAG Samarinda memiliki 6 fakultas yang siap mencetak generasi muda unggul:
  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda (UNTAG Samarinda) berdiri teguh sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkualitas, dengan sejarah panjang, organisasi kemahasiswaan yang beragam, dan fakultas-fakultas yang siap melahirkan generasi muda berdaya saing di era global. UNTAG Samarinda berkomitmen untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Profil Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Kode PT: 111001
Status PT: Aktif
Akreditasi: (B) 
Tanggal Berdiri: 27 Desember 1996
Nomor SK PT: 127Q1983
Tanggal SK PT: 20 Mei 1983
Alamat: Jalan Ir H Juanda No 80
Kota/Kabupaten: Kota Samarinda
Telepon: 0541743390
Email: info@untag-smd.ac.id

Logo UNTAG Samarinda


Daftar Program Studi / Jurusan UNTAG Samarinda

S1 - Administrasi Publik
S1 - Agroteknologi
S1 - Akuntansi
S1 - Arsitektur
S1 - Hukum
S1 - Kehutanan
S1 - Manajemen
S1 - Perencanaan Wilayah dan Kota
S1 - Psikologi
S1 - Teknik Sipil
S2 - Manajemen
S2 - Pengelolaan Hutan
S2 - Teknik Sipil

Info pendaftaran dan biaya kuliah silahkan kunjungi: https://pmb.untag-smd.ac.id/