Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Honda Brio Matic yang Wajib Diwaspadai

Honda Brio Matic merupakan salah satu city car terpopuler di Indonesia. Mobil ini digemari karena desainnya yang stylish, performa yang handal, dan harga yang terjangkau. Namun, layaknya mobil lain, Honda Brio Matic juga memiliki beberapa "penyakit" yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa penyakit umum yang sering ditemukan pada Honda Brio Matic:

1. Bunyi Kasar pada Transmisi CVT

Salah satu penyakit Honda Brio Matic yang paling umum adalah bunyi kasar pada transmisi CVT. Bunyi ini biasanya muncul saat mobil sedang melaju atau saat perpindahan gigi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti keausan kampas kopling, kerusakan pulley, atau masalah pada oli transmisi.

2. Getaran pada Kaki-kaki

Getaran pada kaki-kaki juga merupakan penyakit umum pada Honda Brio Matic. Getaran ini biasanya terasa saat mobil sedang melaju di kecepatan tertentu. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti bushing arm yang aus, karet support sokbreker yang rusak, atau shock absorber yang sudah lemah.

3. Kabin Berisik

Honda Brio Matic terkenal dengan kabinnya yang kurang senyap. Hal ini disebabkan oleh peredaman kabin yang kurang maksimal. Suara mesin, suara ban, dan suara dari luar mobil dengan mudah masuk ke dalam kabin.

4. Engine Mounting Rusak

Engine mounting berfungsi untuk meredam getaran mesin. Jika engine mounting rusak, maka getaran mesin akan terasa lebih jelas di dalam kabin. Selain itu, mobil juga bisa terasa oleng saat di kecepatan tinggi.

5. Konsumsi BBM Boros

Konsumsi BBM Honda Brio Matic tergolong irit. Namun, pada beberapa kasus, ada pemilik Brio Matic yang mengeluhkan konsumsi BBM yang boros. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gaya mengemudi, kondisi jalan, dan tekanan ban yang tidak sesuai.

Tips Mencegah Penyakit Honda Brio Matic

Berikut beberapa tips untuk mencegah penyakit Honda Brio Matic:
  • Lakukan servis rutin di bengkel resmi Honda.
  • Gunakan oli transmisi CVT yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Periksa kondisi kaki-kaki secara berkala.
  • Gunakan peredam kabin tambahan jika ingin kabin lebih senyap.
  • Perhatikan gaya mengemudi agar konsumsi BBM lebih irit.

Dengan mengetahui penyakit umum Honda Brio Matic dan cara mencegahnya, diharapkan Anda dapat menjaga performa mobil Anda agar tetap prima dan terhindar dari biaya perbaikan yang mahal.