Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Maximin dan Minimax beserta Tujuannya dalam Game Theory

Dalam teori permainan, maximin dan minimax adalah dua strategi yang digunakan untuk mengambil keputusan yang optimal dalam situasi yang kompetitif. Masing-masing strategi memiliki tujuan yang berbeda, dan memahami keduanya sangat penting untuk menganalisis dan memainkan berbagai jenis permainan.

Maximin adalah strategi yang berfokus pada memaksimalkan hasil minimum yang mungkin diperoleh dalam suatu permainan. Dengan kata lain, pemain yang menggunakan strategi maximin berusaha untuk memastikan bahwa mereka tidak akan pernah mendapatkan hasil yang lebih buruk daripada hasil minimum yang telah mereka tentukan.

Strategi ini sering digunakan dalam situasi di mana pemain ingin meminimalkan risiko dan menjamin tingkat keuntungan dasar. Contohnya, dalam permainan catur, pemain maximin mungkin fokus pada strategi bertahan yang solid untuk menghindari kekalahan telak, meskipun hal itu berarti mereka mungkin tidak selalu memenangkan permainan.

Sedangkan, Minimax adalah strategi yang berfokus pada meminimalkan hasil maksimum yang mungkin diperoleh lawan. Pemain yang menggunakan strategi minimax berusaha untuk membatasi keuntungan lawan sebanyak mungkin, bahkan jika itu berarti mereka sendiri tidak mendapatkan hasil yang optimal.

Strategi ini sering digunakan dalam situasi di mana pemain ingin mendominasi permainan dan memaksimalkan perbedaan skor dengan lawan. Contohnya, dalam permainan tenis, pemain minimax mungkin fokus pada servis yang kuat dan pukulan yang agresif untuk memaksa lawan melakukan kesalahan dan membatasi poin yang mereka peroleh.

Tujuan Menentukan Maximin dan Minimax

Menentukan nilai maximin dan minimax dalam teori permainan memiliki beberapa tujuan penting, yaitu:
  • Membantu pemain dalam mengambil keputusan dengan mengetahui nilai maximin dan minimax, pemain dapat lebih memahami risiko dan peluang yang terkait dengan setiap strategi dan memilih strategi yang paling sesuai dengan tujuan mereka.
  • Nilai maximin dan minimax dapat digunakan untuk menganalisis apakah suatu permainan memiliki keseimbangan Nash, yaitu situasi di mana tidak ada pemain yang dapat meningkatkan hasil mereka dengan mengubah strategi mereka secara sepihak.
  • Algoritma AI yang digunakan untuk bermain game sering kali didasarkan pada prinsip maximin dan minimax untuk membuat keputusan yang optimal dalam situasi yang kompleks.

Dengan mempelajari konsep-konsep ini, Anda dapat lebih memahami cara kerja permainan kompetitif, membuat keputusan yang lebih baik dalam situasi strategis, dan bahkan mengembangkan algoritma AI Anda sendiri untuk bermain game.

Jadi, maximin dan minimax adalah dua strategi penting dalam teori permainan yang membantu pemain membuat keputusan optimal dalam situasi yang kompetitif.