Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Universitas Abdurachman Saleh (Unars Situbondo)

Universitas Abdurachman Saleh (UNARS) didirikan di Situbondo pada tanggal 15 Agustus 1981. Lahirnya UNARS tidak lepas dari semangat para pendirinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

UNARS didirikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Abdurachman Saleh, yang sebelumnya merupakan bagian dari Yayasan Walisongo. Didirikan oleh Kolonel Bagus Sasmita, UNARS memiliki ikatan sejarah dengan Universitas Mohammad Seroedji Jember dan beberapa perguruan tinggi lain di Jawa Timur.

Pada awal berdirinya, UNARS memiliki 3 fakultas: Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Ekonomi. Seiring perkembangan zaman, UNARS terus berbenah dan membuka fakultas baru, yaitu Fakultas Pertanian pada tahun 1983 dan Fakultas Sastra dengan Program Studi Sastra Inggris pada tahun 2006.

UNARS juga membuka Program Studi S1 PGSD pada tahun 2010. Dengan komitmen untuk menjadi Universitas Kewirausahaan, UNARS terus meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Saat ini, UNARS sedang dalam proses untuk menjadi Universitas Teknologi dengan membuka program studi baru seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Teknik Kelautan.

UNARS juga tidak hanya fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan karir mahasiswa. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler disediakan untuk melatih kepemimpinan, kemampuan memahami realitas sosial, dan potensi diri mahasiswa.

UNARS terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan 8 ruang baru, termasuk Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer.

Selain itu, UNARS juga telah membuka kampus II di kawasan perbukitan jalan Baluran untuk menampung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Prodi PGSD dan Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi dengan Prodi Agribisnis, Teknik Kelautan, Biologi, dan Matematika.

Berikut adalah Logo Unars Situbondo: