Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Liburan Ke Belitung? Baca Tips Berikut Ini Sebelum Kesana!


Billitonecapture.com. Belitung sebagai pulau tropis dengan pemandangan terbaik memang menjadi minat wisatawan sebagai destinasi tujuan untuk berlibur. Beberapa objek wisata terbaik di Indonesia bisa anda jumpai seperti pantai tanjung tinggi, pantai tanjung kelayang, Pulau lengkuas, pantai bukit berahu, Danau biru, serta beberapa desa wisata yang bisa jadi tujuan anda. Siapa sangka pulau yang dulu didalam pelajaran geografi dikenal hanya sebagai daerah penghasil timah. Ternyata memiliki pemandangan alam yang sangat cantik nan unik. Beberapa alasan lain yang membuat Belitung memiliki daya tarik adalah pulau Belitung merupakan taman Geologi yang sudah ditetap kan oleh Unesco. Batu-batu granit yang tersebar di banyak pesisir pantai merupakan proses aktivitas geologi dari jutaan tahun yang lalu. Sehingga membentuk formasi susunan batu-batu raksasa yang unik dan membuat kagum para wisatawan. Menurut pengamatan kami Hanya beberapa lokasi di dunia ini yang memiliki landscape seperti ini. Namun Belitung tempat yang paling mudah dijangkau dengan akses termudah. Namun sebelum anda memutuskan untuk berlibur ke Belitung simak tips beberapa tips dari kami berikut ini. 

1. Rencanakan Liburan Anda

Sebelum memulai perjalanan ke Belitung, penting untuk merencanakan liburan Anda secara matang. Tentukan durasi liburan, anggaran, dan kegiatan yang ingin Anda lakukan. Rencanakan kunjungan Anda ke tempat-tempat populer seperti Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, dan Museum Kata Andrea Hirata. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan waktu luang di itinerari Anda untuk menikmati keindahan alam pulau ini secara santai. Tulis daftar objek wisata yang ingin anda kunjungi. Kemudian buat itenerary nya. Jika anda ragu anda bisa menggunakan itenerary paket wisata yang telah di rancang oleh agen travel. Lebih mudah nya serahkan daftar tersebut kepada agen travel. Biar mereka yang menyusun jadwal perjalanan nya secara gratis.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Musim dan cuaca memainkan peran penting dalam pengalaman liburan Anda di Belitung. Secara umum, musim kemarau (Juni hingga September) adalah waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini karena cuaca cerah dan air laut yang tenang, ideal untuk aktivitas snorkeling dan menyelam. Namun, hindari liburan Anda saat musim hujan (November hingga Februari). 

3. Bawa Perlengkapan yang Tepat

Pastikan Anda membawa perlengkapan yang tepat untuk menjalani liburan di Belitung dengan nyaman. Perlengkapan yang diperlukan termasuk pakaian santai, pakaian renang, tabir surya, topi, dan obat-obatan pribadi. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone Anda untuk menangkap momen-momen indah selama liburan Anda. Siapkan memori smartphone atau kamera anda. Jangan sampai kehabisan ruang memori sebelum mendapat semua foto bagus saat liburan.

4. Jelajahi Keindahan Alam

Salah satu daya tarik utama Belitung adalah keindahan alamnya. Manjakan diri Anda dengan menjelajahi pantai-pantai indah seperti Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang yang terkenal dengan bebatuan granit berukuran raksasa. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar Belitung atau menikmati pemandangan matahari terbenam dari pinggir pantai Tanjung Pendam.

5. Cicipi Kuliner Lokal

Liburan tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner lokal. Di Belitung, jangan lewatkan untuk mencoba hidangan khas seperti mie Belitung, Ikan gangan dan Makan bedulang. Kunjungi juga pusat oleh-oleh di Belitung untuk membeli buah tangan saat anda selesai liburan.

6. Lakukan Aktivitas Air

Dengan kekayaan kehidupan bawah lautnya, Belitung merupakan surga bagi para pecinta aktivitas air. Nikmati keindahan bawah laut pulau ini dengan melakukan snorkeling atau menyelam di beberapa spot terbaik seperti Pulau Lengkuas dan Pulau Batu Berlayar. Jika Anda tidak terlalu mahir dalam snorkeling atau menyelam, Anda masih bisa menikmati keindahan laut Belitung dengan bermain kayak atau bersepeda air di sepanjang pantai.

7. Hormati Lingkungan

Saat menikmati keindahan alam Belitung, jangan lupa untuk selalu menghormati lingkungan. Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan hindari merusak terumbu karang saat snorkeling atau menyelam. Dengan menjaga lingkungan, kita dapat memastikan bahwa keindahan alam Belitung tetap terjaga untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Cara Berlibur ke Belitung

Berlibur ke Belitung adalah impian banyak orang yang menginginkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Namun, sebelum Anda memulai perjalanan Anda, penting untuk mempertimbangkan berbagai cara untuk menjelajahi keindahan pulau ini. Berikut adalah beberapa cara berlibur ke Belitung yang bisa anda pilih beserta plus dan minusnya:

1. Menggunakan Paket Wisata

Menggunakan paket wisata adalah cara paling kami rekomendasikan. Dengan menggunakan paket tour belitung. Keperluan anda semua akan terpenuhi dengan baik. Namun beberapa agen travel menyediakan beberapa opsi paket wisata belitung. Pastikan anda membaca rincian paket wisata seperti poin-poin yang tarmasuk dan tidak termasuk dalam paket wisata. Intereary dan sebagainya.

Plus:
  • Kemudahan dalam Perencanaan: Paket wisata biasanya mencakup transportasi, akomodasi, dan kegiatan sehingga Anda tidak perlu repot merencanakan semuanya sendiri.
  • Pemandu Wisata: Anda akan memiliki pemandu wisata lokal yang akan membantu Anda menjelajahi tempat-tempat menarik di Belitung dan memberikan informasi penting tentang destinasi wisata.
  • Kenyamanan: Semua detail perjalanan telah diatur, sehingga Anda dapat menikmati liburan tanpa stres.
  • Harga Lebih Murah: Jika memesan paket wisata memang terkesan harnya nya lebih mahal. Namun jika anda teliti justru dengan apa yang didapat dari menggunakan paket wisata anda akan mendapat biaya yang lebih murah ketimbang anda belibur dengan cara mandiri.

Minus:
  • Waktu Pemesanan: Jika anda memesan paket tour belitung. Kami sarankan memesan jauh-jauh hari. Agar mendapatkan pengalaman yang terbaik.

2. Rental Mobil (Include Supir atau Lepas Kunci)

Plus:
  • Kebebasan dan Fleksibilitas: Dengan menyewa mobil, Anda memiliki kendali penuh atas perjalanan Anda. Anda bisa menentukan rute, berhenti di tempat-tempat yang Anda inginkan, dan menjelajahi Belitung sesuai keinginan.
  • Kenikmatan Privasi: Anda dapat menikmati liburan tanpa harus berbagi transportasi dengan orang lain.

Minus:
  • Harga yang Lebih Tinggi: Biaya sewa mobil mungkin cukup mahal, terutama jika Anda memilih type mobil yang kurang umum seperti rental mobil fortuner atau sewa mobil alphard. Saran kami sewalah mobil dengan type mobil keluarga seperti Avanza, Ertiga atau kijang innova riborn.
  • Tanggung Jawab Mengemudi: Jika Anda menyewa mobil lepas kunci, Anda harus siap mengemudi di jalan yang mungkin tidak Anda kenal, yang bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang. Meskipun pulau Belitung terkenal sebagai pulau yang aman dan memiliki kondisi jalan yang baik.

3. Ikut Opentrip

Plus:
  • Biaya Terjangkau: Opentrip seringkali lebih terjangkau daripada paket wisata karena biaya dibagi dengan peserta lain.
  • Kesempatan Bertemu dengan Orang Baru: Anda dapat berbagi pengalaman liburan dengan orang-orang baru, yang bisa menjadi pengalaman sosial yang menyenangkan.

Minus:
  • Keterbatasan Fleksibilitas: Seperti halnya paket wisata, opentrip juga memiliki jadwal dan itinerari yang telah ditetapkan sebelumnya, yang bisa mengurangi fleksibilitas Anda dalam menjelajahi Belitung.
  • Kesesuaian dengan Kepribadian: Jika Anda tidak suka berada dalam kelompok atau memiliki preferensi liburan yang berbeda, opentrip mungkin tidak sesuai untuk Anda.

4. Backpacking

Plus:
  • Kebebasan Penuh: Backpacking memberi Anda kebebasan penuh untuk menjelajahi Belitung sesuai keinginan Anda tanpa terikat oleh jadwal atau itinerari yang telah ditetapkan.
  • Biaya yang Lebih Rendah: Dengan memilih akomodasi yang murah dan menggunakan transportasi umum, Anda dapat menghemat banyak uang selama liburan Anda.

Minus:
  • Tantangan Logistik: Backpacking membutuhkan perencanaan yang matang terkait transportasi, akomodasi, dan kegiatan, yang mungkin menjadi tantangan bagi beberapa orang. Anda harus mencari informasi sedetail mungkin dari semua yang anda butuhkan selama di Belitung seperti objek wisata, transportasi, akomodasi, dan makanan.
  • Kurangnya Kenyamanan: Anda mungkin harus mengorbankan kenyamanan untuk menghemat uang, seperti tinggal di hostel dengan fasilitas bersama.

Memilih cara berlibur ke Belitung adalah langkah penting dalam merencanakan pengalaman liburan yang memuaskan. Setiap opsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terbaik akan tergantung pada preferensi pribadi Anda. Apakah Anda mencari kenyamanan dan kemudahan dengan paket wisata, kebebasan untuk menjelajahi sendiri dengan rental mobil, pengalaman sosial dengan ikut opentrip, atau petualangan tanpa batas dengan backpacking, pastikan Anda memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran liburan Anda.

Jika Anda tertarik untuk merencanakan tour ke Belitung dengan kemudahan dan profesionalisme, Anda dapat mengunjungi agen travel tour belitung di situs Billitone Capture. Dengan layanan yang berkualitas dan pengalaman yang luas dalam mengatur perjalanan ke Belitung, mereka akan membantu Anda membuat liburan yang tak terlupakan di pulau ini. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi situs mereka dan mulai merencanakan petualangan Anda ke Belitung hari ini!