Wilayah Negara Kesatuan RI yang berupa Nusantara dan organisasi negara RI sebagai kesatuan utuh merupakan ... dari Wawasan Nusantara.

Wilayah Negara Kesatuan RI yang berupa Nusantara dan organisasi negara RI sebagai kesatuan utuh merupakan ... dari Wawasan Nusantara.
A. Wadah
B. Isi
C. Fungsi
D. Tata laku
E. Kedudukan

Jawaban:

A. Wadah

Penjelasannya:

Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya. Dalam penerapannya, Wawasan Nusantara membutuhkan wadah, yaitu wilayah Negara Kesatuan RI yang berupa Nusantara dan organisasi negara RI sebagai kesatuan utuh.

Wilayah nusantara sebagai ruang geografis dan organisasi negara RI sebagai sistem politiknya menjadi landasan bagi penerapan Wawasan Nusantara. Nilai-nilai dasar Wawasan Nusantara, seperti persatuan dan kesatuan, keadilan sosial, dan demokrasi, kemudian diwujudkan melalui berbagai fungsi, seperti sebagai pedoman pembangunan nasional, alat pemersatu bangsa, dan filter terhadap berbagai ideologi asing.

Tata laku, yaitu cara pandang dan sikap yang harus dipedomani oleh bangsa Indonesia, menjadi kunci dalam penerapan Wawasan Nusantara. Dengan memahami kedudukan Wawasan Nusantara sebagai landasan berpikir dan bertindak, bangsa Indonesia diharapkan dapat mencapai tujuan nasionalnya dengan penuh semangat dan persatuan.

Komentar