Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wawasan Nusantara dalam paradigma nasonal dapat berfungsi sebagai landasan…

Wawasan Nusantara dalam paradigma nasonal dapat berfungsi sebagai landasan…
A. Idiil
B. Visional
C. Konsepsional
D. Konstitusional
E. Negara

Jawaban: B. Visional

Penjelasannya:

Wawasan Nusantara memegang peran penting dalam paradigma nasional sebagai landasan visional. Hal ini dikarenakan Wawasan Nusantara memuat visi dan tujuan nasional bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan kesatuan bangsa dan wilayah yang utuh dan tak terpisahkan. Visi ini menjadi panduan bagi bangsa Indonesia dalam mencapai cita-citanya sebagai bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur.

Wawasan Nusantara lahir dari pemikiran para pendiri bangsa yang ingin mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Konsep ini juga sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan menerapkan Wawasan Nusantara, rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme dapat ditumbuhkan di kalangan bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Wawasan Nusantara menjadi pedoman dalam pembangunan nasional di berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Dengan demikian, Wawasan Nusantara menjadi landasan penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.