Upaya tepat yang dilakukan orang tua untuk mencegah kasus pada artikel adalah...

Upaya tepat yang dilakukan orang tua untuk mencegah kasus pada artikel adalah...
A. Memberikan kebebasan kepada anak untuk mengelola waktu penggunaan gawai
B. Mengusulkan kepada sekolah agar gawai tidak digunakan saat pembelajaran
C. Membawa anak ke dokter spesialis agar memperoleh penanganan terapi secara berkala
D. Melarang anak menggunakan gawai dengan alasan apapun
E. Membatasi penggunaan gawai anak tidak lebih dari satu jam per hari

Jawaban: E. Membatasi penggunaan gawai anak tidak lebih dari satu jam per hari.

Penjelasannya:

Para ahli kesehatan jiwa anak dan remaja mengingatkan bahwa anak-anak yang dirawat di rumah sakit jiwa (RSJ) Cisarua tidak hanya mengalami kecanduan gim pada gawai. Faktanya, banyak di antara mereka yang kecanduan browsing internet dan menonton video melalui perangkat elektronik. Orang tua perlu memperhatikan hal ini agar anak tidak terjerumus ke dalam kecanduan.

Penggunaan gawai berlebihan dapat mengakibatkan gangguan mental, seperti ADHD. Anak-anak dan remaja yang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gawai rentan mengalami masalah perilaku dan gejala ADHD. ADHD adalah gangguan mental yang menyebabkan kesulitan fokus dan perilaku impulsif serta agresif. Jika tidak segera diatasi, ADHD dapat berakibat fatal pada prestasi anak di sekolah. Anak dengan ADHD sering terlihat tidak mendengarkan pembicaraan di kelas, kesulitan mengatur tugas, dan memiliki aktivitas yang tidak terarah.

Oleh karena itu, upaya tepat yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah kasus seperti ini adalah dengan membatasi penggunaan gawai anak tidak lebih dari satu jam per hari. Pembatasan ini bertujuan untuk membantu anak fokus pada aktivitas lain yang penting, mencegah gangguan kesehatan mental, meningkatkan kualitas tidur, dan mendorong interaksi sosial. Selain itu, orang tua juga perlu menjadi contoh yang baik, membuat aturan yang jelas, menyediakan aktivitas alternatif, dan berkomunikasi dengan anak tentang bahaya penggunaan gawai berlebihan.

Komentar