Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ubalah kalimat berikut menjadi kalimat yang benar Ana adalah siswa Teladan di sekolah dasar

Ubalah kalimat berikut menjadi kalimat yang benar:

Ana adalah siswa Teladan di sekolah dasar

Jawaban:

Berikut adalah perubahan kalimat yang benar:
  • Ana adalah siswa berprestasi di sekolah dasar yang selalu mendapatkan nilai terbaik di kelasnya.
  • Ana adalah siswa berakhlak mulia di sekolah dasar yang selalu membantu teman-temannya dan sopan kepada guru dan orang tua.
  • Ana adalah siswa aktif dan kreatif di sekolah dasar yang selalu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan pernah menjuarai lomba cipta puisi.

Penjelasannya:

Kalimat "Ana adalah siswa teladan di sekolah dasar" sebenarnya sudah benar secara tata bahasa dan ejaan. Namun, untuk meningkatkan keefektifan kalimat tersebut, beberapa hal dapat diperbaiki.

Pertama, kata "teladan" memiliki makna yang luas dan dapat diinterpretasikan secara berbeda. Sebaiknya gunakan kata yang lebih spesifik untuk menggambarkan kualitas Ana sebagai siswa. Contohnya, "siswa berprestasi" jika Ana unggul dalam bidang akademik, "siswa berakhlak mulia" jika Ana dikenal karena sikap dan perilakunya yang baik, atau "siswa aktif dan kreatif" jika Ana aktif dalam kegiatan sekolah dan memiliki banyak ide kreatif.

Kedua, tambahkan contoh konkret untuk memperkuat pernyataan tentang Ana. Contohnya, "Ana selalu mendapatkan nilai terbaik di kelasnya dan bahkan pernah mengikuti olimpiade sains tingkat nasional" untuk "siswa berprestasi", "Ana selalu membantu teman-temannya yang kesulitan belajar dan selalu sopan kepada guru dan orang tua" untuk "siswa berakhlak mulia", dan "Ana selalu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan pernah menjuarai lomba cipta puisi tingkat kabupaten" untuk "siswa aktif dan kreatif".