Titik W (-27, 20) direfleksikan ke arah sumbu X, kemudian bayangannya direfleksikan lagi ke arah sumbu Y. Koordinat bayangan terakhir dari titik W adalah...

Titik W (-27, 20) direfleksikan ke arah sumbu X, kemudian bayangannya direfleksikan lagi ke arah sumbu Y. Koordinat bayangan terakhir dari titik W adalah...

Jawaban:

Refleksi Pertama: Refleksi ke Arah Sumbu X

Ketika titik W (-27, 20) direfleksikan ke arah sumbu X, bayangannya (disebut W') akan terletak di atas W dan memiliki absis (nilai x) yang sama dengan W, tetapi ordinat (nilai y) yang berlawanan.

Secara matematis, koordinat W' adalah:
  • Absis: -27 (sama dengan W)
  • Ordinat: -20 (kebalikan dari 20)

Sehingga, koordinat W' adalah (-27, -20).

Refleksi Kedua: Refleksi ke Arah Sumbu Y

Bayangan W' (-27, -20) kemudian direfleksikan ke arah sumbu Y. Bayangan terakhirnya (disebut W'') akan terletak di kanan W' dan memiliki ordinat (nilai y) yang sama dengan W', tetapi absis (nilai x) yang berlawanan.

Secara matematis, koordinat W'' adalah:
  • Absis: 27 (kebalikan dari -27)
  • Ordinat: -20 (sama dengan W')

Sehingga, koordinat W'' adalah (27, -20).

Jadi, koordinat bayangan terakhir dari titik W (-27, 20) setelah direfleksikan ke arah sumbu X dan sumbu Y adalah (27, -20).

Penjelasannya:

Bayangkan Anda memiliki cermin yang diletakkan secara horizontal (sumbu X) di atas kertas. Titik W (-27, 20) digambar di atas kertas. Jika Anda memantulkan W ke cermin, Anda akan mendapatkan bayangannya W' (-27, -20). Bayangkan cermin lain yang diletakkan secara vertikal (sumbu Y) di sebelah kanan kertas. Sekarang, pantulkan W' ke cermin Y. Bayangan terakhir W'' (27, -20) akan terlihat di sebelah kanan W' dan di atas W.

Komentar