Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkat pertumbuhan penduduk disetiap daerah berbeda merupakan faktor yang memengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk yaitu faktor...

Tingkat pertumbuhan penduduk disetiap daerah berbeda merupakan faktor yang memengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk yaitu faktor...
A. Fisiografis
B. Biologi
C. Kebudayaan
D. Teknologi
E. Geografis

Jawaban: A. Fisiografis

Penjelasannya:

Tingkat pertumbuhan penduduk di setiap daerah yang berbeda-beda dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor fisiografis. Faktor ini berkaitan dengan kondisi fisik alam suatu daerah, seperti medan, iklim, kesuburan tanah, ketersediaan air, dan potensi bencana alam.

Daerah dengan medan datar, iklim sejuk, tanah subur, air melimpah, dan minim bencana alam umumnya memiliki daya tarik lebih tinggi bagi penduduk untuk menetap dan berkembang biak. Hal ini menyebabkan tingkat perumbuhan penduduk di daerah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan daerah yang memiliki kondisi fisiografis kurang ideal.

Faktor biologi, kebudayaan, dan teknologi juga dapat memengaruhi persebaran dan kepadatan penduduk, namun pengaruhnya tidak sekuat faktor fisiografis. Faktor biologi seperti tingkat kesuburan dan kesehatan penduduk memang dapat memengaruhi pertumbuhan populasi, namun pengaruhnya tidak secepat dan sesignifikan faktor fisiografis. Faktor kebudayaan seperti tradisi dan nilai-nilai yang dianut masyarakat dapat memengaruhi pola migrasi dan persebaran penduduk, namun pengaruhnya juga bervariasi dan tidak selalu dominan. Faktor teknologi seperti kemajuan infrastruktur dan transportasi dapat membuka peluang baru bagi penduduk untuk tinggal di daerah yang sebelumnya sulit diakses, namun pengaruhnya masih terbatas dan membutuhkan waktu untuk mengubah pola persebaran penduduk secara signifikan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa faktor fisiografis merupakan faktor utama yang mendasari tingkat pertumbuhan penduduk di setiap daerah dan secara langsung berdampak pada penyebaran dan kepadatan penduduk.