Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur

Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.

Pertanyaannya:

Sebutkan konjungsi yang terdapat dalam penggalan teks ulasan tersebut?

Jawaban:

Konjungsi yang terdapat dalam penggalan teks ulasan tersebut adalah:
  • "sebab": Menunjukkan hubungan sebab akibat. Kalimat "sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur" menjelaskan alasan mengapa buku tersebut tidak menarik bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra.
  • "dan": Menunjukkan hubungan penjumlahan. Kalimat "semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini dan bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik" menghubungkan dua ide yang berbeda, yaitu bahwa buku ini memiliki semua unsur karya fiksi yang baik dan bahwa buku ini tidak menarik bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra.

Penjelasannya:

Konjungsi dalam penggalan teks ulasan tersebut adalah "sebab" dan "dan". "Sebab" menunjukkan hubungan sebab akibat, menjelaskan mengapa buku tersebut tidak menarik bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra. "Dan" menunjukkan hubungan penjumlahan, menghubungkan dua ide berbeda: buku ini memiliki semua unsur karya fiksi yang baik dan tidak menarik bagi siswa yang tidak suka membaca karya sastra.

Konjungsi ini membantu memahami hubungan antar ide dan makna teks secara keseluruhan. Dengan memahami konjungsi, kita dapat memahami mengapa buku tersebut tidak menarik bagi kelompok pembaca tertentu.

Sebagai contoh, "sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur" menjelaskan mengapa buku tersebut tidak menarik bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra. Konjungsi "dan" menghubungkan ide ini dengan ide sebelumnya, yaitu bahwa buku ini memiliki semua unsur karya fiksi yang baik.

Dengan memahami konjungsi, kita dapat melihat bahwa pengulas memberikan ulasan yang seimbang dan informatif tentang buku tersebut. Mereka menjelaskan apa yang membuat buku ini baik, tetapi juga menjelaskan mengapa buku ini mungkin tidak menarik bagi semua orang.