Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setiap ada minimarket Indomaret di lingkungan tersebut pasti ada Alfamart dan sebaliknya. Berdasarkan fenomena tersebut, sumber ide bisnis mana yang dilakukan oleh minimarket di atas?

Setiap ada minimarket Indomaret di lingkungan tersebut pasti ada Alfamart dan sebaliknya.

Berdasarkan fenomena tersebut, sumber ide bisnis mana yang dilakukan oleh minimarket di atas?

Keuntungan apa yang diperoleh dengan menggunakan sumber ide bisnis tersebut?

Jawaban:

Berdasarkan fenomena menjamurnya minimarket Indomaret dan Alfamart di satu lokasi, sumber ide bisnis yang dilakukan oleh minimarket di atas adalah persaingan. Kedua raksasa ritel ini saling mengamati dan mempelajari strategi satu sama lain, kemudian berusaha untuk meniru atau melampaui mereka.

Strategi ini terlihat jelas dari pemilihan lokasi toko yang berdekatan, menawarkan produk serupa dengan harga kompetitif, hingga menghadirkan layanan tambahan seperti pembayaran tagihan dan isi ulang pulsa. Persaingan ini tak hanya menguntungkan bagi kedua perusahaan, tetapi juga bagi konsumen yang mendapatkan kemudahan akses dan pilihan produk yang lebih beragam.

Keuntungan utama dari strategi persaingan ini adalah peningkatan peluang pasar. Dengan lokasi strategis dan produk yang menarik, Indomaret dan Alfamart mampu menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan profit mereka. Selain itu, konsumen juga diuntungkan dengan kemudahan akses dan pilihan produk yang lebih beragam.

Namun, perlu diketahui bahwa persaingan yang tidak sehat dapat berakibat negatif, seperti perang harga dan praktik bisnis yang tidak etis. Oleh karena itu, Indomaret dan Alfamart perlu menjalankan bisnis mereka secara bertanggung jawab dan berkelanjutan agar dapat terus memberikan manfaat bagi konsumen dan masyarakat luas.